Wakaba, Satu Lagi Mobil Nasional Indonesia Lahir!

- detikOto
Kamis, 23 Jul 2009 10:25 WIB
Jakarta - Mobil nasional bertambah satu lagi dengan hadirnya Wakaba. Wakaba merupakan mobil yang dikembangkan oleh Design Center Teknik Mesin Universitas Pasundan (UNPAS), Bandung.

Wakaba yang merupakan singkatan dari Wahana Karya Anak Bangsa ini merupakan sebuah proyek untuk menghasilkan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat, terutama di pedesaan termasuk perkebunan dan daerah pedalaman.

Platform Wakaba akan dibuat oleh IKM komponen otomotif yang tergabung dalam Klaster Komponen Otomotif Jawa Barat, yang aplikasinya akan dikembangkan oleh Pemerintah Daerah bersama industri setempat dengan dukungan teknologi dari Desain Center Unpas.

Beberapa varian yang akan dibuat ditujukan untuk memiliki fungsi khusus, seperti Pemadam Kebakaran Mini, Ambulan, Puskesmas Keliling, Penyapu Jalan, sampai Angkutan Sampah.

Begitupun untuk segmentasi lainnya seperti alat angkut hasil panen, alat pengolah lahan, angkutan pedesaan, kendaraan retail dan kios, sampai pada kendaraan promosi.

Meskipun masih prototipe, namun Wakaba memiliki desain yang cukup menarik, dan terlihat kokoh dengan beberapa roll bar dan rangka yang rigid.

Proyek pengembangan Wikaba pun turut didukung penuh oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat, Kementerian Riset & Teknologi, serta tentunya Departemen Perindustrian.

Namun sayang Wakaba belum bisa kami temui bentuk fisiknya di Jakarta. Mobil ini dalam pameran di Departemen Perindustrian hanya dipajang dalam bentuk dummy-nya saja.

(bgj/ddn)