Daya Tarik Matic Besar Ini Bikin Para Selebriti Kepincut

Advertorial - detikOto
Senin, 05 Apr 2021 00:00 WIB
adv Honda
Foto: Instagram @arie_kriting
Jakarta - Skuter matik menjadi primadona dalam pasar sepeda motor nasional sejak satu dekade terakhir. Kepraktisan dan kenyamanan berkendara merupakan faktor yang membuat skuter matik digemari berbagai kalangan.

Seiring dengan perkembangan industri otomotif dunia, skuter matik tak hanya mengedepankan kemudahan berkendara. Namun, skuter matik juga bisa tampil mewah, bertabur fitur modern, dan punya akselerasi responsif.

Segala keunggulan motor matic masa kini bisa dilihat pada skutik besar, Honda PCX 160. Kehadiran motor ini seolah menepis stigma mengenai motor matic yang 'lemot', sulit untuk berakselerasi.

Honda PCX 160 seolah membuat standar baru di ranah skuter matik premium.

Berbagai kalangan tertarik memiliki motor ini. Laki-laki, perempuan, orang tua, anak muda menjadikan motor ini sebagai motor andalan untuk mobilitas harian. Popularitas Honda PCX 160 kian melejit sebab dipinang para publik figur kenamaan di Tanah Air.

Matic besar ini juga menarik minat para pesohor. Deretan nama populer, seperti para komika Babe Cabita, Arie Kriting, dan Dodit Mulyanto, Nycta Gina, Fitri Tropica, Hamidah Rachmayanti dan sederet selebriti lainnya kepincut memiliki motor matic bergaya futuristik tersebut.

Honda PCX 160 menjanjikan mesin yang lebih bertenaga dari generasi sebelumnya. Mesin dengan kapasitas 160cc, 4 katup, eSP+. Tenaga yang dihasilkan 11,8 kW di 8500 rpm dengan torsi puncak 14,7 Nm di 6500 rpm. Mesin ini mampu meningkatkan efisiensi campuran udara-bahan bakar dan efisiensi pembuangan gas pembakaran.

Tenaga mesin yang responsif itu memberikan kesenangan sendiri dalam berkendara, terutama bagi para penyuka kecepatan. Teknologi mesin 4 katup juga merupakan nilai plus tersendiri, karena membuat pembakaran berlangsung lebih cepat dan stabil. Teknologi tersebut merupakan langkah maju untuk sebuah skuter matik.

Fitur Canggih Tingkatkan Kenyamanan Berkendara

adv Honda

Foto: Instagram @missnyctagina

Honda PCX 160 muncul sebagai motor yang kaya fitur modern sekaligus fungsional. Dengan sistem kunci kontak Honda Smart Key, pengendara hanya perlu mengantongi remote keyless, dan tinggal memutar knop dan menekan tombol starter. Pengendara tak perlu was-was meninggalkan motor di parkiran umum atau tempat lainnya, karena lubang kunci tak mudah dibobol.

Di kompartemen depan terdapat USB charger type A, lengkap dengan socket untuk pengisian daya baterai smartphone. Sebuah fitur yang sangat dibutuhkan oleh para pengguna motor yang memiliki banyak aktivitas tapi perlu tetap terhubung dengan gawainya. Pemilik Honda PCX 160 tak perlu repot mencari sumber listrik begitu smartphone kehabisan daya.

Kapasitas bagasi di bawah jok pun ditingkatkan menjadi 30 liter, leluasa untuk menampung helm, jaket, sepatu, jas hujan, atau perlengkapan lainnya. Pengguna akan sangat terbantu untuk melakoni rutinitasnya, karena banyak barang yang bisa dibawa tanpa harus mengganggu kenyamanan berkendara. Bagi pengguna yang gemar berbelanja, kapasitas bagasi besar ini juga akan sangat membantu.

Honda PCX 160 mengaplikasikan lampu LED di semua bagian lampu depan dan belakang. Menghasilkan cahaya lebih terang, sekaligus menegaskan kesan mewah di motor ini.

Kehadiran Full Digital Panel Meter memberikan tampilan informasi kecepatan, level bahan bakar, odometer, dan indikator lainnya yang mudah dilihat oleh pengendara. Selain itu, desain panel meter terbaru yang futuristik menjadi daya tarik tersendiri bagi Honda PCX 160.

Di antara fitur yang menonjol dari Honda PCX 160 ini, yakni HSTC (Honda Selectable Torque Control) untuk varian ABS dan e:HEV. Fitur ini mencegah terjadinya slip akibat putaran roda berlebih, khususnya pada kondisi jalan licin. Begitu HSTC diaktifkan, Electronic Control Module akan mengelola penyaluran bahan bakar ke mesin agar putaran roda belakang selaras dengan gerak roda depan.

Kenyamanan Berkendara Berbalut Desain Body Mewah

adv Honda

Foto: dok. Honda

Honda PCX 160 mengusung desain elegan dipadukan dengan kesan dinamis melalui alur body meruncing. Desain fascia-nya dibuat agresif dengan dukungan headlight LED dan DRL (Daytime Running Light), menerapkan lekuk 'U'' dan berukuran besar.

Bentuk lampu belakang pun tak kalah agresif, mengusung desain siluet huruf 'X' saat lampu rem menyala. Kesan cahaya efek tiga dimensi dihadirkan pada desain lampu belakang skutik premium ini.

Perlu diingat, Honda PCX 160 dibangun dari struktur rangka terbaru model double cradle yang rigid, dan lebih ringan dari model terdahulu. Hal itu membuat motor ini tetap lincah dikendarai dengan bodinya yang besar. Sebuah kemampuan yang sangat cocok untuk kaum urban, karena memberikan keleluasaan menembus ruwetnya kemacetan di pagi dan sore hari.

Kapasitas tangki bahan bakar pun semakin besar, menjadi 8,1 liter. Perubahan juga terdapat pada ruang area kaki pengendara, yang kini lebih panjang 3 cm. Membuat pengendara semakin leluasa untuk mendapatkan posisi kaki paling nyaman ketika berkendara.

Honda PCX 160 menggunakan ban profil lebar, ukuran 110/70-14 (depan) dan 130/70-13 (belakang), melekat di velg baru Y shaped 5 spoke. Paduan velg model baru dan ban ukuran besar membuat skutik premium ini semakin aman dan nyaman dikendarai.

Honda PCX 160 dipasarkan dalam 3 tipe, yaitu CBS, ABS, dan e:HEV. Untuk tipe CBS terdapat warna wonderful white, majestic matte red, glorious matte black, dan marvelous matte gray. Sedangkan untuk tipe ABS, terdapat warna wonderful white, majestic matte red, brilliant black, dan royal matte blue.

Tipe ABS memiliki jok two-tone serta emblem PCX dengan warna emas untuk tampilan yang lebih mewah. Dan untuk tipe e:HEV terdapat warna horizon white, yang juga memiliki jok two-tone dengan sentuhan warna biru pada emblem e:HEV yang semakin memberikan kesan istimewa dan canggih.

(adv/adv)