Senin, 12 Agu 2019 00:00 WIB

Motor Custom Buatan Indonesia Bikin Kagum Builder Internasional

Advertorial - detikOto
Rio Gustav dari 58 Works dengan Chopperio menjadi motor Best of The Best Region Palembang (Foto: dok Suryanation Motorland Battle) Rio Gustav dari 58 Works dengan 'Chopperio' menjadi motor Best of The Best Region Palembang (Foto: dok Suryanation Motorland Battle)
Jakarta -

Seri kedua rangkaian Suryanation Motorland Battle di Kota Palembang turut menyita perhatian masyarakat yang tak hanya dari pencinta motor custom. Hal tersebut terlihat dari 20 ribu lebih pengunjung yang memadati lapangan parkir PTC Mall Palembang sebagai lokasi utama gelaran tersebut pada Sabtu (3/8/2019).

Dengan tema 'Inspiration in Action', berbagai konten acara dihadirkan untuk memberikan inspirasi bagi pencinta roda dua di Kota Palembang maupun pengunjung lainnya. Mulai dari touring Suryanation Ride maupun kehadiran ratusan motor custom dalam Custome Bike Contest.

Rangkaian acara Suryanation Motorland di Palembang dimulai dengan perjalanan Suryanation Ride yang dilakukan oleh Bucek bersama dengan Melki 'Bajaj', salah satu selebriti yang dikenal memiliki hobi mengendarai motor. Bersama dengan beberapa bikers lainya, Suryanation Ride mengambil start dari Lampung lalu melewati beberapa wilayah Sumatera Selatan dan berakhir di Kota Palembang.

Sementara pada acara Custom Bike Contest, motor milik Rio Gustav dari 58 Works berhasil menjadi motor Best of The Best Region Palembang. Motor dengan julukan 'Chopperio' ini berhasil memukau para juri sehingga bisa menjadi yang terbaik dan mengalahkan ratusan motor lain.

Motor Custom Buatan Indonesia Bikin Kagum Builder InternasionalSuasana kemeriahan Suryanation Motorland Battle di Kota Palembang yang digelar di lapangan parkir PTC Mall Palembang (Foto: dok Suryanation Motorland Battle)

Rio Gustav mengatakan bahwa telah mengerjakan motor miliknya selama satu tahun. Ia juga mengatakan bahwa penggunaan velg tipe invander dipakai untuk menguatkan konsep chopper pada motor buatannya.

"Motor ini saya kerjakan selama kurang lebih satu tahun hanya di Sabtu dan Minggu karena untuk hari biasa saya lebih fokus untuk mengerjakan motor milik pelanggan yang membuat motor di workshop milik saya. Saya menghadirkan dua muka pada motor ini karena ingin terlihat berbeda dengan tetap mengusung konsep motor chopper," ujar Rio.

Motor dengan basis Kawasaki KZ200 ini memiliki dua sisi yang berbeda di bagian kanan dan kiri motor. Keunikan lain yang ditampilkan adalah penggunaan front end yang berbeda di bagian kanan dan kiri, yaitu girder dan springer. Sisi Ini merupakan salah satu unsure pada motor yang mendapat perhatian dari juri sehingga motor ini berhasil menjadi yang terbaik di kota Palembang.

Tak hanya itu, motor ini juga memiliki ciri khas Sumatera Selatan yang kuat dengan menghadirkan corak salah satu hewan kebanggan daerah ini, yaitu harimau.Selanjutnya kain songket yang merupakan jenis kain yang terkenal di Sumatera Selatan juga menambah corak motor ini.

"Motor milik Rio terpilih menjadi yang terbaik karena membutuhkan pengerjaan yang terencana dan sisi teknis yang rumit. Menghadirkan konsep dua muka pada motor buatannya juga sangat bagus dan berbeda dengan motor-motor lain yang ikut pada kesempatan kali ini," ujar salah satu juri Suryanation Motorland Battle 2019 Dodi Irhas.

Motor Custom Buatan Indonesia Bikin Kagum Builder InternasionalDeretan peserta motor custom Motorland Suryanation Battle Palembang yang membuat kagum para juri (Foto: dok Suryanation Motorland Battle)

Sementara itu, dua juri lainya Veroland dan Cristian Sosa mengatakan kagum dengan kualitas motor-motor custom yang ditampilkan para peserta dari Palembang. Cristian Sosa yang juga merupakan builder internasional dari Amerika Serikat berharap perkembangan dunia custom di Palembang dan sekitarnya akan terus meningkat.

"Motor-motor yang ditampilkan oleh builder di Palembang memiliki tingkat kreativitas yang tinggi karena tidak hanya mengandalkan mesin ber-CC besar tetapi juga menggunakan mesin ber-CC kecil," ucap Sosa.

Adapun Suryanation Motorland Committee Rizky Dwianto senang dengan antusias masyarakat Palembang dalam acara Suryanation Motorland. Menurutnya, terjadi peningkatan jumlah peserta dan pengunjung dalam gelaran Suryanation Motorland di Palembang tahun ini.

"Kami senang dengan antusias yang terlihat di kota Palembang, mulai dari jumlah peserta yang meningkat dari tahun lalu dan juga jumlah pengunjung yang tetap setia mengikuti acara Suryanation Motorland Battle sampai dengan malam hari ini. Kami berharap kehadiran kami disini bisa menghadirkan inspirasi kepada pencinta custom dan roda dua di Palembang," ucap Rizky.

Rizky jugaberharap bahwa seri Suryanation Motorland Battle selanjutnya bisa lebih banyak memberikan inspirasi. Adapun seri Suryanation Motorland selanjutnya akan hadir di kota Makassar pada 7 September, Denpassar pada 28 September, Surabaya pada 19 Oktober dan puncak finalnya akan berlangsung di kota Jakarta. Ikuti terus keseruan Suryanation Motorland Battle tahun ini.

(adv/adv)