Jangan Disepelekan, Ini yang Harus Dilakukan saat Tak Sengaja Kena Air Aki

ADVERTISEMENT

Jangan Disepelekan, Ini yang Harus Dilakukan saat Tak Sengaja Kena Air Aki

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 07 Des 2022 20:45 WIB
Aki mobil basah
Ilustrasi aki basah. Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta -

Aki memiliki peran vital dalam kendaraan. Umumnya, sistem kelistrikan pada kendaraan bergantung pada aki. Aki sendiri ada dua jenis yakni aki basah dan aki kering. Untuk aki basah, berisi cairan kimia yang cukup berbahaya. Maka dari itu, kamu harus berhati-hati ketika berurusan dengan aki.

Ketika tidak sengaja terkena kulit, kamu tak bisa mendiamkannya begitu saja. Mengutip laman Auto200, air aki berisi air zuur yang berfungsi sebagai cairan perendam sel baterai pada aki basah yang bersifat elektrolit dan mengandung asam sulfat. Maka dari itu, saat terkena kulit jelas membahayakan.

Kulit kamu bisa iritasi dan intensitasnya tergantung dari kondisi masing-masing orang. Bila kulit cukup sensitif dengan bahan kimia, maka iritasi mungkin lebih besar. Pertama mulai muncul rasa gatal dan diikuti rasa panas serta perih. Rasa gatal dan perih yang muncul itu membuat kemerahan pada kulit. Lebih parah lagi kalau aki terkena wajah, berpotensi menimbulkan penglihatan.

Untuk itu, bila kulit tidak sengaja terkena aki langsung basuh area tersebut dengan air mengalir selama 10-20 menit. Bila sulit menemukan air mengalir, kamu bisa menggunakan air kemasan.

Adapun tujuan penggunaan air tersebut adalah mendinginkan jaringan di sekitar kulit supaya cairan yang menempel bisa berkurang. Kemudian gunakan kasa steril untuk menutup area yang terkena cairan tersebut.

Langkah tersebut dilakukan sebagai pertolongan pertama. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, kamu bisa berkunjung ke tempat pelayanan kesehatan guna mendapatkan perawatan lanjutan.

Nah itu tadi langkah yang harus ditempuh ketika tidak sengaja terkena cairan aki. Untuk menghindari hal tersebut, apabila merasa kurang yakin saat berurusan dengan aki seperti pengecekan ataupun penggantian kamu bisa pergi ke bengkel agar ditangani oleh teknisi berpengalaman.



Simak Video "4 Hal yang Sering Jadi Biang Keladi Arus Listrik Mobil Tak Stabil!"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT