Banyak yang Belum Tahu, Aki Juga Harus Diperiksa Secara Periodik!

ADVERTISEMENT

Banyak yang Belum Tahu, Aki Juga Harus Diperiksa Secara Periodik!

Tim detikOto - detikOto
Rabu, 16 Nov 2022 13:41 WIB
Ilustrasi aki
Ilustrasi Aki Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Perawatan aki atau accu merupakan hal penting. Namun tampaknya masih banyak pengendara yang tidak peduli atau cuek melakukan perawatan aki. Karena, ternyata aki atau accu itu juga harus dirawat dengan maksimal.

Disampaikan Marketing Communication PT Santi Yoga, Frischa, ternyata aki atau accu juga harus diperiksa secara periodik atau secara berkala.

Frischa menjelaskan aki atau accu atau yang biasa disebut baterai, merupakan sumber energi listrik di kendaraan, yang digunakan oleh sistem starter dan sistem kelistrikan yang lain. Aki sendiri memiliki 2 jenis yakni kering dan basah.

"Pada kendaraan secara umum baterai berfungsi sebagai sumber energi listrik pada kendaraan, namun bila kita amati lebih detail, fungsi baterai pada kendaraan ada 3," ucap Frischa saat dihubungi detikOto.

"Pertama saat mesin mati, baterai sebagai sumber energi untuk menghidupkan aksesori, penerangan, dan sebagainya. Kedua, saat starter untuk menghidupkan sistem starter, dan ketiga saat mesin hidup baterai sebagai stabiliser suplai listrik pada kendaraan, di mana pada saat hidup energi listrik bersumber dari alternator," Frischa menambahkan.

Akan tetapi banyak pengendara yang kerap lupa. Lanjut Frischa, aki atau accu atau baterai, juga harus diperiksa secara periodik dan diuji kemampuannya.

"Terdapat 3 kelompok pemeriksaan dan pengujian baterai yang harus sering dilakukan. Pertama, pemeriksaan visual dengan indra penglihatan (mata secara langsung), kedua pemeriksaan elektrolit dan kebocoran dengan menggunakan hidrometer, dan ketiga, pengujian beban, yaitu ampermeter harus sama dengan arus dan Voltmeter harus sama dengan tegangan," Frischa.

Mengecek Voltage AkiMengecek Voltage Aki Foto: Yamaha

Dalam kesempatan yang sama, Yuasa saat ini tengah mengadakan program undian berhadiah "Yuasa Giveaway", program ini diselenggarakan oleh PT. Santi Yoga yang merupakan distributor tunggal Yuasa Battery Indonesia.

Yuasa Giveaway berlangsung dari tanggal 1 Oktober 2022 sampai dengan 31 Desember 2022 yang diadakan serentak di seluruh wilayah Indonesia. Yuasa Giveaway ini diperuntukan untuk konsumen Aki Yuasa dengan cara membeli produk Yuasa berupa Aki Motor ataupun Aki Mobil dengan Tipe apa saja di toko atau bengkel yang bertanda khusus, atau pembelian secara online dan bagi yang beruntung konsumen akan mendapatkan hadiah, jadi ikuti program ini sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Total hadiahnya ini lebih dari 500 juta rupiah, dengan hadiah utama sepeda motor untuk pembelian Aki Mobil, tidak hanya itu iPad Air, Gopro, handphone sampai logam mulai dan uang tunai, Dan untuk pembelian Aki Motor hadiah utama berupa Samsung Z Flip, iPad Air, Gopro, handphone sampai logam mulai dan uang cash.

Untuk Ikut ikut program undiannya para peserta cukup memfoto struk dari pembelian Aki di toko atau bengkel bertanda khusus, lalu scan QR Code pada poster yang ada di toko tersebut, lengkapi dan isi form data yang ada kemudian submit secara online.

Untuk pembelian secara online tinggal foto surat jalan tersebut, scan QR code yang ada di surat jalan tersebut, lengkapi dan isi formnya sesuai petunjuk lalu submit secara online. Atau ikuti Informasi dan keterangan lebih lanjut di website kami www.yuasagiveaya.com, Instagram @loveyuasa, Facebook fanpage Love Yuasa atau whatsapp di nomor 0812 1800 061.



Simak Video "Cegah Mogok, Ini Ciri-ciri Aki di Motor Injeksi Mulai Lemah"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT