Cara Merawat Gear dan Rantai Motor

ADVERTISEMENT

Cara Merawat Gear dan Rantai Motor

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 14 Nov 2022 20:19 WIB
Cara merawat gear dan rantai sepeda motor
Foto: Dok. Yamaha. Cara merawat gear dan rantai sepeda motor.
Jakarta -

Motor bertransmisi manual atau semi otomatis masih menggunakan penggerak jenis gear dan rantai. Karena fungsinya sangat penting, gear dan rantai perlu dirawat agar bisa dipakai dalam jangka lama, sekaligus mencegah putus di jalan.

Seperti dijelaskan Main Dealer Yamaha Thamrin Brothers (Sumatera Selatan dan Bengkulu) dalam keterangan resmi, setidaknya ada 4 cara yang bisa dilakukan oleh pengendara motor dalam merawat gear dan rantai. Apa saja?

1. Rajin Membersihkan

Pada saat musim hujan seperti saat ini gear motor rawan kotor dan terkena cipratan air. Maka dari itu, rajin membersihkan gear tersebut dengan cairan pembersih khusus gear dan rantai. Jangan menggunakan oli bekas karena bisa membuat debu dan kotoran justru lebih menempel.

2. Rutin Melakukan Pelumasan

Selain menjaga kebersihan, jangan lupa untuk rajin melumasi gear motor dengan cara menyemprot menggunakan pelumas khusus gear dan rantai. Hal tersebut untuk mengurangi gesekan dan kotoran yang bisa menyebabkan umur pakai gear dan rantai semakin pendek. Disarankan untuk melakukan pelumasan minimal satu kali dalam seminggu.

3. Penyetelan Gear dan Rantai

Penyetelan gear dan rantai bisa dilihat di buku manual sepeda motor, kekencangan rantai harus diperiksa setiap sebelum berkendara, dan disetel jika diperlukan. Konsultasikan terlebih dahulu dengan bengkel resmi jika ingin melakukan penyetelan rantai sendiri.

4. Servis Berkala

Bagian rantai dan gear akan selalu diperiksa sesuai jadwal perawatan berkala. Jika dibutuhkan penyetelan ulang, maka teknisi akan melakukan penyetelan, jika rantai sudah terlalu renggang dan gear sudah terlalu aus, maka wajib dilakukan penggantian satu set, gear dan rantai. Kekencangan rantai yang tidak tepat akan membebani mesin dan komponen-komponen vital lainnya, sehingga rantai dapat slip atau putus.



Simak Video "Biar Awet! Ini Cara Merawat Motor Matik di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT