3 Cara Mudah Menjaga Performa Motor

ADVERTISEMENT

3 Cara Mudah Menjaga Performa Motor

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 08 Nov 2022 18:16 WIB
Yamaha Freego baru di IMOS 2022.
3 cara menjaga performa motor. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detikOto
Jakarta -

Mayoritas masyarakat menjadikan sepeda motor sebagai transportasi andalan untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Menjaga dan memastikan kondisi motor yang prima harus dilakukan para pengguna, agar motor selalu dalam kondisi prima saat mau dipakai.

Dijelaskan Yamaha dalam keterangan resminya, ada tiga cara yang bisa dilakukan pengendara motor agar kendaraannya selalu dalam kondisi sehat dan prima. Apa saja?

1. Servis Rutin

Pada ruang mesin motor banyak komponen-komponen yang bergerak, yang menimbulkan gesekan bahkan menghasilkan panas. Maka seharusnya motor perlu mendapatkan perhatian dari pemiliknya. Kondisi yang sering terjadi adalah ketika komponen sepeda motor sudah mengalami keausan atau malfungsi, dan saat itu pengendara baru menyadari dan melakukan perbaikan.

Sebenarnya kondisi tersebut bisa dicegah dengan servis berkala setiap 2.000-3.000 km atau 2-3 bulan pemakaian. Selain menjaga performa motor tetap baik, servis berkala juga mencegah biaya perbaikan yang lebih besar karena setiap melakukan servis berkala konsumen otomatis akan mendapatkan 7 standar pemeriksaan (SP7) dan 21 item pengerjaan servis berkala.

2. Memperhatikan Komponen Motor

Motor memiliki banyak komponen yang saling terhubung. Jika salah satu komponennya rusak, maka kerusakan tersebut akan memengaruhi kinerja komponen lainnya. Sebagai contoh, konsumsi bahan bakar yang boros dan tarikan mesin berat menjadi salah satu efek samping dari menumpuknya kotoran di filter udara.

Filter udara berfungsi untuk menyaring berbagai partikel asing dari udara, sehingga aliran udara ke ruang bakar menjadi bersih. Lakukan penggantian saringan bahan bakar setiap 12.000 km atau sesuai rekomendasi. Serta, kuras tangki bahan bakar setiap 50.000 km atau sesuai dengan rekomendasi supaya motor kamu tetap optimal dan irit bahan bakar.

3. Memilih Oli yang Tepat

Pengguna motor juga harus rutin melakukan penggantian oli pada kendaraannya. Pemilihan jenis oli berkualitas dan menyesuaikan dengan tipe motornya pun penting untuk memastikan kinerja motor selalu prima.



Simak Video "Biar Awet! Ini Cara Merawat Motor Matik di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT