Tips Bikin Body Kulit Jeruk Kusam Tampil Klimis Lagi

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 05 Apr 2022 21:19 WIB
Ilustrasi mengembalikan warna dashboard motor yang kusam
Tips mengembalikan warna dashboard kusam Foto: (Ridwan Arifin/detikoto)
Jakarta -

Body bertekstur kulit jeruk yang kusam bikin risih pemilik motor. Sebenarnya ada beragam cara menghitamkan lagi.

Pertama dengan menggunakan teknik semir penghitam. Tapi cairan tersebut tidak bisa tahan lama, tingkat keawetannya berkisar antara waktu mingguan atau bulanan. Cara ini memiliki keunggulan lebih sederhana dan hemat biaya. Pada bursa jual beli, semir penghitam harganya beragam dimulai dari Rp 35 ribu hingga 75 ribu.

"Semir itu memang bisa tapi tidak bertahan lama," kata Jony Ilmawan, Manajer Teknik Painting Diton saat ditemui di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Semir dipakai memang bagus, kembali hitam. Tapi ada kekurangannya, ketika dicuci steam, nanti bisa hilang lagi," tambah dia.

Pilihan lain ialah dengan mewarnai kembali motor. Namun tentu memerlukan biaya dan waktu yang lebih banyak.

Opsi lain ialah menggunakan cat semprot khusus penghitam dashboard. Diton Dashboard Premium misalnya, yang dijual Rp 65 ribu, namun mendapat diskon 10 persen jadi Rp 58.500 khusus di area Indonesia International Motor Show 2022. Cat semprot kaleng khusus penghitam ini diklaim bisa awet minimal 1 tahun.

Jony mengatakan produk ini diformulasikan untuk memberikan efek daun talas sama seperti efek yang ditimbulkan oleh nano ceramic coating. Lantas bagaimana penggunaannya? pertama, pastikan media pengecatan bersih.

"Media yang dicat cukup dibersihkan saja, langsung ditimpa, tunggu 15 menit langsung jadi," jelas Jony.

"Jarak pengecatan 15 cm sampai 20 cm, pastikan media itu bersih. Kita bolak-balik saja, satu layer balik lagi. Nunggu jeda 10 detik lah, timpa lagi," ungkapnya.

Lebih lanjut, Jony mengatakan saat menghitamkan kembali dasbor atau bahan kulit jeruk tidak perlu lagi menggunakan cat dasar primer, foxy, ataupun clear plus activator.

"Jadi kita bikin produk yang efisien, dasbor punya efek daun talas, terus lebih praktis dengan satu bahan bisa mewakili semuanya," terang dia.

"Khusus buat yang body jeruk untuk kasar atau halus. Intinya untuk bahan dari plastic primer," tambah dia lagi.

Tips untuk penyemprotan menggunakan dashboard coating supaya menempel sempurna dari pihak Diton Premium:

- Jika hanya kusam, permukaan cukup dibersihkan lalu disemprot

- Jika baretnya halus bisa diampelas dulu menggunakan grade 800 sampai 1.000, nanti langsung dicuci kemudian tinggal disemprot

- Jika dashboard-nya parah atau gompal, harus diamplas dulu dan juga didempul, bisa pakai dempul pasta atau dempul keras. Setelah itu baru langsung tinggal disemprot saja



Simak Video "AC Mobil Mengeluarkan Suara Berisik? Ini Sebabnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)