Biar Nggak Cepat Rusak, Ini Tips Aman Pakai Standar Samping Motor

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 02 Apr 2022 15:59 WIB
Astra Honda Motor di IIMS 2022
Ilustrasi standar samping motor Foto: (Ridwan Arifin/detikoto)
Jakarta -

Pada umumnya sepeda motor dilengkapi dua jenis standar, yakni standar samping dan standar tengah. Kedua jenis standar tersebut memiliki fungsi yang sama, tinggal menyesuaikan saja dengan keinginan pemilik sepeda motor.

Namun banyak pengendara yang memilih menggunakan standar samping karena lebih mudah, cepat, dan tidak perlu repot. Akan tetapi, kamu perlu memahami jika standar samping motor akan cepat rusak jika tidak dirawat dengan baik.

Bukan berarti standar samping berbahaya, tentunya tetap aman dipakai asalkan memahami sejumlah tipsnya. Dilansir dari situs Astra Motor, berikut ini cara aman pakai standar samping pada sepeda motor.

1. Ganti Shockbreaker

Cara pertama agar standar samping motor tetap aman adalah dengan mengganti shockbreaker ke ukuran lebih tinggi. Hal ini membuat standar samping menjadi lebih tegak dan mengurangi potensi motor bisa terjatuh.

2. Ganti Ban

Selain mengganti shockbreaker, kamu juga bisa mengganti ban ke ukuran lebih besar. Dengan begitu, standar samping motor akan semakin tegak sehingga kamu tak perlu khawatir suatu saat motor akan jatuh.

3. Pasang Kickstand Shoe

Tips selanjutnya dalam merawat standar samping motor adalah memasang kickstand shoe sebagai alas tambahan, sehingga dapat mendistribusikan berat motor lebih menyebar. Cara tersebut membuat sepeda motor kamu tetap aman meski harus ditopang standar samping.

Dengan menggunakan kickstand shoe alhasil tapak standar samping jadi lebih lebar, hal ini dapat memberikan kekuatan lebih saat menopang berat motor.

Pakai Standar Tengah Lebih Aman

Apabila kamu ingin merawat sepeda motor dengan baik, bisa dimulai dengan selalu menggunakan standar tengah. Jika terlalu sering menggunakan standar samping, hal tersebut menyebabkan suspensi bagian kiri harus menopang beban lebih berat, apalagi jika motor tersebut diduduki seseorang. Apabila dibiarkan dalam waktu lama, hal ini berisiko merusak suspensi motor.

Selain itu, penggunaan standar samping juga mempengaruhi kualitas ban lho. Hal itu disebabkan ban belakang dan ban depan lebih condong ke satu sisi saat menahan beban yang berat. Maka dari itu, lebih baik menggunakan standar tengah ketika sepeda motor kamu diparkir.



Simak Video "Agar Rem Motor Matic Tidak Blong, Ini Tips Mengurangi Kecepatan di Turunan"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)