Meski Punya Fitur TPMS, Ban Mobil-Motor Tetap Harus Dicek Rutin!

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 06 Des 2021 10:49 WIB
TPMS BMW F850GS
Tire Pressure Monitoring System di motor BMW F850GS Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Beberapa mobil dan motor modern sudah memiliki fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS). Fitur ini berguna untuk memantau tekanan angin pada ban. Namun ternyata, hadirnya TPMS tidak serta-merta membuat pemilik tak perlu lagi cek berkala kondisi ban mobil atau motornya.

Dilansir dari laman Bridgestone Indonesia, TPMS bertujuan untuk memberi tahu pemilik kendaraan bila tekanan ban terlalu rendah atau terlalu tinggi hingga dapat membuat kondisi mengemudi yang tidak aman.

Sama halnya dengan lampu indikator atau informasi lainnya yang muncul pada instrumen kluster mobil atau motor, TPMS dapat menunjukkan kondisi tekanan angin ban. Jika sudah muncul peringatan, sebaiknya pemilik kendaraan langsung menyesuaikan kondisi tekanan angin ban hingga normal.

"Perlu diingat, TPMS Anda tidak menggantikan perawatan tekanan ban secara rutin. Ini adalah alat yang dapat membantu mengingatkan Anda saat tekanan rendah, namun ban mungkin turun di bawah inflasi yang tepat jauh sebelum lampu peringatan TPMS menyala," tulis Bridgestone.

Menurut Bridgestone, TPMS ini fungsinya hanya membantu dan tidak dapat menggantikan pemeriksaan tekanan ban reguler. Sebab TPMS mungkin memiliki beberapa keterbatasan yang dapat membuat kondisi ban kurang akurat dengan data yang ditampilkan oleh TPMS.

Tire Pressure Monitoring System (TPMS)Tire Pressure Monitoring System (TPMS) Foto: dok. Bridgestone

Menurut mereka, sensor pada TPMS mungkin tidak secara akurat mentransmisikan data tekanan ban ke komputer on-board atau layar instrumen kluster kendaraan. Selain itu menurut Bridgestone, TPMS mungkin tidak dapat secara akurat menentukan apakah ban terlalu rendah jika ban lain kehilangan tekanan pada tingkat yang sama.

"Oleh karena itu, bahkan dengan TPMS, cek tekanan ban manual dengan alat pengukur penting untuk merawat ban dan kendaraan Anda, terutama untuk keselamatan Anda dan keselamatan orang lain. Anda harus memeriksa tekanan ban sebulan sekali, dan sebelum melakukan perjalanan jauh atau saat membawa muatan ekstra," tutup Bridgestone.



Simak Video "Simak 5 Penyebab Ban Sering Kempis Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)