Tips Menghitamkan Kembali Ban yang Kusam

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 04 Jul 2021 13:18 WIB
Tips Cara Menghitamkan Ban Mobil
Ilustrasi cara menghitamkan kembali ban mobil Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Melakukan perawatan mobil selain dapat membuat tampilan lebih bersih, namun juga dapat menjaga keawetan mobil. Salah satunya dengan menjaga tampilan dari ban mobil agar tetap hitam dan terlihat baik.

Beragam cara dapat dilakukan untuk menghitamkan kembali ban mobil yang sudah kusam karena pemakaian. Salah satunya dengan menggunakan cairan semir yang dirancang khusus untuk ban.

Sandi Dwi Putra, pemilik bengkel perawatan mobil Bless Car Care membeberkan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mempercantik tampilan ban yang kusam.

"Tentu pertama ban dicuci bersih dan dapat menggunakan sikat halus sampai kasar kalau sekiranya ada kotoran yang membandel," ujar Sandi kepada detikOto.

Setelah pembersihan dilakukan, tunggu beberapa saat sampai ban dalam keadaan kering, baru berikan cairan semir ban agar membuat tampilan menjadi hitam.

"Kalau untuk rumahan kita sarankan pakai semir ban aja. Banyak merek-merek ternama yang jual dengan harga nggak terlalu mahal. Hasilnya pun cukup baik," papar Sandi.

Untuk penggunaan cairan penghitam ban ini, disarankan untuk hanya digunakan pada dinding ban. Agar performa ban tetap optimal dan tidak berakibat licin saat digunakan.

Tips Cara Menghitamkan Ban MobilCara membersihkan bagian karet putih di ban mobil Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

"Lalu untuk beberapa ban kan ada yang pakai karet putih, atau tulisan keterangan dan mereknya. Nah kalau ini kami pakai tar remover untuk menghilangkan noda aspal yang membandel," papar Sandi.

Saat ini banyak beredar di pasaran cairan penghitam untuk bodi plastik hingga ban. Cairan ini kerap dijual dengan promosi yang menjamin kehitaman yang tidak akan pudar atau permanen.

"Kita juga ada cairan yang bisa bikin hitam permanen gitu. Tapi itu hanya kita pakai kalau ada request aja. Menurut saya pribadi, cairan seperti itu ada positif dan negatifnya yaah," papar Sandi.

"Positifnya pasti bagian yang kusam jadi hitam kembali dengan mudah. Tapi dari pengalaman saya pribadi sih, pakai cairan ini malah bikin cat atau bagian yang hitam tampak nggak natural. Bahkan kalau udah lama, warnanya jadi nge-bule atau agak aneh kusamnya," papar Sandi menjelaskan tentang menghitamkan ban mobil.

Tips menghitamkan ban mobil ini dapat juga dipraktekkan di ban motor. Namun dengan tetap memperhatikan cairan dan bidang aplikasinya.



Simak Video "Suka Campur-campur Bensin, Ini Bahayanya Buat Kendaraan"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)