Tips Mudah Bersihkan Grill Mobil Biar Tetap Kinclong

Ilham Satria - detikOto
Minggu, 27 Jun 2021 07:15 WIB
Jaman now, nggak cuma manusia yang bisa mandi sauna. Mobil pun sekarang bisa mandi uap ala manusia. Penasaran?
Ilustrasi bersihkan grill mobil Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Bagi pemilik mobil pasti tak asing dengan komponen grill. Peranti yang satu ini terletak di bagian luar depan dengan bentuk yang berventilasi. Dengan begitu, grill akan jadi lebih cepat kotor dan harus rajin dibersihkan.

Grill sendiri berfungsi sebagai pelindung untuk komponen mesin mobil di dalamnya. Sehingga debu, kotoran hingga air hujan tidak langsung masuk ke dalam mesin. Maka dari itu, ada baiknya kamu mulai rajin membersihkan komponen yang satu ini.

Ada sejumlah tips mudah bagi kamu untuk membersihkan grill mobil secara mandiri. Dikutip dari laman Daihatsu, berikut ini sejumlah tips merawat dan menjaga grill agar selalu bersih.

1. Persiapkan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Sebelum membersihkan grill mobil, persiapkan terlebih dahulu perlengkapan yang dibutuhkan. Secara umum, alat yang digunakan dalam menghilangkan kotoran di grill mulai dari kain lap dengan bahan katun, sikat gigi, sampo mobil hingga wax.

2. Mengencerkan Sampo Mobil

Ketika ingin membersihkan grill mobil, usahakan untuk mengencerkan terlebih dahulu sampo mobil dengan menggunakan air. Namun ada yang perlu diperhatikan saat mencampur shampo dengan air.

Usahakan kamu mencampur shampo dan air dengan komposisi 1:3, karena hal ini sebagai salah satu cara membersihkan grill mobil lebih efisien. Nantinya, cairan shampo ini bisa untuk mengangkat debu dan kotoran yang menempel.

3. Menggosok Grill Secara Perlahan

Setelah shampo mobil sudah siap, kamu perlu mengoleskannya ke grill secara perlahan dengan menggunakan sikat gigi yang halus. Gosok grill dengan merata hingga ke sela-sela ventilasi.

Perhatikan juga saat menggosoknya, usahakan untuk tidak terlalu kencang karena dapat menggores grill hingga rusak.

4. Keringkan dengan Kain Lap

Setelah grill selesai disikat, tentu masih ada beberapa bekas shampo mobil yang menempel. Ada baiknya kamu menggunakan kain lap bersih dan halus untuk membersihkannya.

Penggunaan kain lap berbahan katun ini berfungsi agar menyerap cairan dengan baik. Selain itu bahan kain yang lembut tidak akan menimbulkan goresan pada grill.

5. Mengolesnya dengan Wax

Jangan lupa, setelah grill dibersihkan dan dikeringkan ada baiknya kamu mengolesnya dengan wax. Hal ini agar tampilan grill semakin kinclong dan menambah rasa percaya diri kamu saat mengendarai mobil di jalan raya.



Simak Video "6 Komponen Mobil yang Mudah Rusak, Jika Lama Tak Dipakai"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/riar)