5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Beli Mobil untuk Pertama Kali

Rizki Pratama - detikOto
Jumat, 05 Feb 2021 07:53 WIB
Ilustrasi beli mobil
Tips beli mobil untuk pertama kali. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Selalu ada yang pertama termasuk dalam membeli mobil baru. Tentunya supaya tidak kecewa dan salah perhitungan membeli mobil harus paham banyak hal terlebih dahulu.

Bagi anda yang kebingungan tidak punya tempat bertanya soal bagaimana membeli mobil baru, di sini bisa terjawab. Ada beberapa tips membeli mobil baru yang dibagikan oleh Honda Prospect Motor (HPM) melalui siaran persnya.

1. Tentukan Budget

Ini jelas menjadi langkah pertama yang wajib diketahui karena mobil baru harganya tidak murah. Rata-rata mobil penumpang baru saat ini yang tersedia di pasar Indonesia berharga lebih dari Rp 100 juta.

Sebagai konsumen juga perlu mendefinisikan mobil seperti apa yang mampu menjawab kebutuhan. Contohnya, apabila konsumen seorang mahasiswa, pelajar atau keluarga muda, mobil dengan bangku dua baris lebih cocok untuk digunakan sehari-hari. Setelah itu, konsumen dapat mencari informasi mengenai mobil yang sesuai dengan kriteria di website resmi dan melakukan kunjungan ke dealer resmi untuk melakukan test drive secara langsung sehingga dapat memutuskan mana mobil yang terbaik untuk dimiliki.

2. Pahami Skema Pembayaran

Bagi yang membeli mobil dengan bantuan perusahaan pembiayaan atau leasing ini harus dipahami juga. Perusahaan leasing biasanya mempunyai besaran bunga dan tenor yang berbeda-beda. Anda juga dapat bertanya kepada sales di dealer resmi untuk dapat memberikan rekomendasi leasing yang tepat.

3. Promo

Satu ini juga wajib juga dicari tahu buat anda yang suka dengan potongan harga atau penawaran-penawaran menarik. Ada berbagai penawaran yang ditawarkan oleh berbagai jaringan penjualan. Bisa jadi walau satu merek yang sama tapi setiap dealer punya promonya masing-masing.

Program penjualan yang ditawarkan dealer biasanya beragam, mulai dari bonus pembelian, diskon, skema pembiayaan, dan sebagainya. Dengan program penjualan yang tepat, pembelian mobil pertama akan lebih ringan dan menguntungkan bagi konsumen.

4. Purnajual

Membeli mobil tentu tidak hanya untuk sekali pakai dan ingin tetap terawat dalam waktu yang lama. Sebelum membeli mobil anda harus tahu bagaimana perawatan mobil dan layanan jaringan terhadap perawatan mobil anda.

Untuk pembeli mobil pertama, kemudahan dan biaya yang ringan untuk melakukan perawatan mobil tentu menjadi pertimbangan penting. Karena itu, konsumen perlu memastikan mobil pertama yang dipilih juga memiliki jaringan bengkel resmi yang luas, ketersediaan suku cadang asli yang memadai, serta ditangani oleh teknisi berpengalaman sehingga kesehatan mobil tetap terjamin.

Kemudian, konsumen juga perlu memperhatikan besaran biaya perawatan yang akan dibutuhkan selama memiliki mobil. Saat ini, banyak pabrikan yang telah memiliki paket servis yang dapat menghemat biaya perawatan mobil. Salah satunya adalah Paket Hemat yang ditawarkan Honda untuk perawatan berkala di bengkel resminya. Bahkan, setiap pembelian All New Honda Brio saat ini akan mendapatkan bonus berupa gratis biaya perawatan berkala berupa Paket Hemat berupa gratis biaya Jasa dan suku cadang sampai dengan 50.000 km atau 4 tahun (syarat dan ketentuan berlaku).

5. Nilai Jual Kembali

Untuk pembeli mobil khususnya mobil pertama, harga jual kembali dapat menjadi salah satu pertimbangan penting sebelum membeli mobil. Setelah memiliki mobil pertama, seiring waktu konsumen mungkin berpikir untuk mengganti mobil ke model lain di atasnya, sehingga harga jual kembali dari mobil saat ini menjadi penting.

Konsumen dapat melakukan pengecekan harga mobil second di website marketplace yang banyak tersedia di internet, sehingga dapat mengetahui berapa kisaran harga jual kembali dari mobil yang hendak dibeli. Secara umum, popularitas sebuah merek mobil, kualitas dan daya tahan produk, desain yang tidak mudah ketinggalan jaman, dan dukungan jaringan dealer yang kuat akan mendukung harga jual kembali dari suatu mobil.



Simak Video "Honda City Hatcback RS Resmi Dijual di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)