Ban Depan dan Ban Belakang Mobil Mereknya Beda, Boleh Enggak, Sih?

Rizki Pratama - detikOto
Kamis, 21 Jan 2021 06:19 WIB
Iqbaal Dilan ganti ban mobil sendiri
Ganti ban mobil merk berbeda boleh? Foto: Screenshot Youtube Iqbaal Ramadhan
Jakarta -

Ban adalah bagian penting dalam kendaraan. Pengaruhnya sangat besar pada kenyamanan dan keamanan berkendara. Ban mobil yang terus dipakai kemungkinan besar mengalami keausan. Gesekan ban dengan jalan membuat permukaan ban perlahan-lahan terkikis.

Artinya kondisi ban menurun yang mana juga menurunkan kenyamanan dan keamanan berkendara. Mau tidak mau anda perlu mengganti ban mobil jika sudah aus dan botak.

Nah, bagi anda yang akan mengganti ban perlu tahu beberapa hal penting yang dijelaskan oleh Auto2000 ini. Sebab mengganti ban tentu tak boleh sembarangan agar tidak terjadi hal buruk pada kendaraan dan diri anda sendiri saat berkendara.

Saat mengganti ban biasanya dianjurkan memilih ban dari merk dan jenis yang sama. Namun, situasi dan kondisi tertentu bisa saja menyebabkan Anda kesulitan untuk mendapatkan ban dengan merk dan jenis yang sama. Jadi apakah boleh atau tidak menggunakan ban dengan merek berbeda-beda?

Jawabannya boleh saja, namun ada hal yang harus diperhatikan. Walaupun merek berbeda ukuran tidak boleh beda. Ini berlaku untuk semua ban yang terpasang di mobil. Apabila ukuran berbeda maka akan membuat mobil sulit dikendalikan.

Selain itu ban mobil depan dan belakang beda merk diperbolehkan asal jenis yang digunakan tetap sama. Jangan pernah mengganti ban mobil jenis city car dengan jenis lain seperti off-road atau ban khusus untuk mobil niaga.

Selanjutnya ban mobil depan dan belakang beda merk diperbolehkan asalkan dipasang pada satu poros. Artinya, satu poros ban tidak boleh dipasangi ban dengan merk berbeda.

Memasang ban berbeda merk pada poros yang berbeda akan membuat mobil menjadi tidak seimbang. Ban lama yang aus berdampingan dengan ban baru bisa mengakibatkan laju mobil menjadi timpang. Hal ini tentu berisiko membahayakan keselamatan Anda.



Simak Video "Siap-siap! 2024, Michelin Mulai Jual Ban Tanpa Udara"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)