Sudah Tahu Belum, Ini Cara Bersihkan Rantai Motor yang Benar

Rizki Pratama - detikOto
Minggu, 03 Jan 2021 12:16 WIB
Rantai Motor BMW
Cara membersihkan rantai motor yang benar. Foto: BMW Motorrad
Jakarta -

Rantai motor merupakan komponen penting dalam sistem penggerak. Kondisi rantai motor pun berpengaruh besar terhadap kenikmatan dan kenyamanan berkendara.

Nah, supaya tetap nyaman sebaiknya rantai motor rutin dibersihkan. Perlu diketahui pula ada beberapa jenis rantai motor yang cara membersihkannya juga berbeda-beda.

Suzuki mengatakan, hal pertama yang dapat dilakukan untuk membersihkan rantai adalah mengecek mata rantai dan sprocket gear terlebih dahulu. Cara mengecek mata rantai dilakukan dengan menggoyangkannya ke kanan dan kiri serta menariknya ke belakang. Disini, Anda bisa memastikan apakah komponen tersebut kendur atau tidak.

Sprocket gear yang aus bisa dilihat dari mata gear yang menajam. Setelah dicek dan diperbaiki, maka proses pembersihan rantai bisa langsung dilakukan.

Untuk membersihkan sela-sela rantai dan mata rantai, maka perlu menggunakan kuas atau sikat gigi berukuran kecil atau yang pas. Hal tersebut akan memudahkan dalam membersihkan kotoran yang sulit dijangkau. Jika permukaan rantai masih kotor, maka Anda bisa membersihkannya dengan bensin.

Bahan yang dipakai untuk membersihkannya bisa pakai cairan penetran, minyak tanah, hingga sabun cuci piring. Bahan lainnya yang bisa digunakan yaitu bensin, sikat gigi, dan kuas.

Pertama, posisikan motor Anda pada standar tengah. Kemudian oleskan bensin pada permukaan rantai untuk merontokkan kerak dan kotoran pada rantai dan gear. Fungsi pengolesan bensin pada permukaan rantai ini hanya sebagai pembersih pertama, dan selanjutnya perlu dibersihkan kembali.

Pembersihan dilakukan dengan menyemprotkan cairan penetran atau minyak tanah atau sabun cuci piring ke permukaan rantai dan diamkan sesaat. Setelah itu, gosok rantai dengan sikat gigi bekas secara perlahan hingga kotoran dan sisa oli pada rantai tersebut hilang.

Selanjutnya, lakukan penyemprotan kembali untuk lebih membersihkan rantai. Kotoran pada rantai dan gear akan rontok jika dibersihkan berulang kali. Jika sudah bersih, keringkan rantai dengan kain kering. Lalu lumasi rantai motor dengan cairan chain lube dengan disemprotkan di mata gear dan rantai motor.



Simak Video "Suzuki Gagal Triple Crown, Ducati Juara Konstruktor MotoGP 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lua)