Liburan Pakai Motor, Boncengers Jangan Tidur, Ya!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 29 Des 2020 13:41 WIB
Cara Aman Bonceng Anak di Motor
Ilustrasi bonceng motor. Foto: Dok. Wahana Honda
Jakarta -

Sepeda motor sering dipakai untuk bepergian saat liburan. Tak terkecuali liburan akhir tahun seperti saat ini. Sepeda motor digunakan untuk touring atau sekadar menuju tempat wisata.

Tak jarang sepeda motor dipakai untuk berboncengan. Jika sepeda motor digunakan untuk berboncengan saat liburan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal ini untuk menunjang keselamatan berkendara.

Menurut Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky, berkendara jarak jauh membutuhkan konsentrasi tinggi. Sebab, aktivitas ini menguras energi dan memiliki tantangan situasi jalan yang beragam. Apalagi ditambah berboncengan.

Jika melakukan perjalanan jauh dengan berboncengan, hindari percakapan ringan ataupun bersendagurau saat berkendara. Soalnya, hal ini dapat menurunkan konsentrasi pengendara.

"Berkendara jarak jauh memang menyenangkan dengan ditemani teman ataupun kerabat, namun para bikers juga perlu memperhatikan beberapa hal. Yang utama adalah pembonceng harus menjadi partner berkendara yang aman dan memberikan kenyamanan bagi pengemudi. Jangan lupa, pembonceng juga tetap harus menggunakan riding gear yang lengkap," ujar Lucky.

Jika menjadi pembonceng, usahakan jangan sampai tertidur. Hal ini dapat mengganggu keseimbangan dalam berkendara dikarenakan tubuh yang tidak dapat dikendalikan.

Saat berboncengan, alangkah baiknya pembonceng dapat memeluk pengendara atau dapat memegang jaket pengendara untuk menambah keseimbangan saat berkendara. Selain itu, pembonceng perlu mengikuti arah pergerakan pengemudi di depannya.

Saat berkendara jarak jauh menggunakan sepeda motor di masa pandemi, pengendara dan boncengers harus selalu menjalankan protokol kesehatan baik sebelum berkendara, saat beristirahat maupun sampai tujuan.

Para bikers wajib menggunakan riding gear tepat yang menutupi seluruh bagian tubuh seperti menggunakan masker yang ditambahkan buff untuk berkendara sehingga mengurangi risiko terpapar virus. Dalam berkendara jarak jauh, para bikers juga sangat dianjurkan untuk menjaga jumlah cairan dalam tubuh dengan memperbanyak minum saat beristirahat.



Simak Video "Terasa Lemot, Ini Trik Atasi Tarikan Bawah Loyo di Motor Matic Suzuki"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)