Cara Perbaiki Aki Basah Mati Total

Rizki Pratama - detikOto
Sabtu, 19 Des 2020 11:41 WIB
Aki mobil basah
Cara memperbaiki aki basah mati total. (Dadan Kuswaraharja/detikOto)
Jakarta -

Sumber utama kelistrikan mobil adalah aki. Kalau komponen ini sudah bermasalah banyak fungsi mobil yang tidak dapat menyala. Bagi anda yang menggunakan jenis aki basah pada mobil, ada beberapa kiat untuk memperbaikinya apabila sudah mati total.

Hal pertama yang anda lakukan untuk memperbaiki aki basah pastinya menyiapkan alat dan bahannya. Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah charger aki, obeng, air aki yang baru, serta air tawar.

Selanjutnya anda dapat melepaskan aki basah dari mobil. Hal itu dilakukan agar aki basah bisa dibersihkan terlebih dulu, lalu diperbaiki. Agar lebih mudah, anda bisa melepaskan aki basahnya dengan menggunakan obeng.

Buka penutup dari aki basah, lalu bersihkan bagian dalam dan luar aki dengan air tawar. Air tawar sendiri dipilih lantaran sifatnya yang tergolong netral sehingga tidak menyebabkan korosi. Khusus bagian dalam aki, anda mesti mengocoknya saat membersihkan bagian tersebut. Hal itu dilakukan agar bagian dalam aki bersih, serta bikin sisa air aki yang lama lebih mudah keluar.

Setelah dibersihkan, keringkan selama 4 jam atau bisa seharian untuk memastikannya sudah kering. Jangan sampai ada sisa air saat mengisinya kembali dengan air aki yanng baru.

Setelah itu aki basah dapat diisi kembali dayanya dengan charger aki. Untuk mengisi ini juga tidak sebentar dan cukup lama. Biasanya memakan waktu seharian penuh, jadi anda perlu bersabar. Penjelasan ini disampaikan Daihatsu lewat website resminya.

Bagaimana detikers? Cukup mudah kan memperbaiki aki basah mati total? Selamat mencoba.



Simak Video "Mobil Boros? Bisa Jadi Salah Pakai Oli Mesin"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)