Motor Tanpa Kick Starter Akinya Habis Masih Bisa Dinyalakan?

Rizki Pratama - detikOto
Sabtu, 14 Nov 2020 15:10 WIB
Honda luncurkan Scoopy generasi ke-5.
Menyalakan motor tanpa kick starter ketika aki habis. Foto: PT Astra Honda Motor (AHM)
Jakarta -

Sistem kerja sepeda motor belakang ini mulai banyak melakukan evolusi. Mulai dari tanpa kunci seperti Smart Key hingga tanpa kick starter. Dua mekanisme baru ini kebetulan diterapkan oleh Honda Scoopy terbaru.

Ketika ada teknologi baru ketakutan bagi orang-orang yang sudah biasa dengan cara lama tentu ada. Pastinya banyak yang memikirkan bagaimana menyalakan motor apabila sistem kelistrikan yang dikelola oleh aki habis.

Lalu apabila hal itu terjadi apakah motor tanpa kick starter masih dapat dinyalakan? Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), Hendro Sutarno menjawab pertanyaan tersebut.

"Intinya sama seperti punya mobil. Kalau baterai soak ya tidak bisa dinyalakan lagi," tanggapnya.

Cara satu-satunya agar motor dapat dinyalakan lagi adalah mengganti aki dengan yang baru. Untungnya untuk motor matik ini cukup mudah karena aki biasanya terletak di bagasi motor.

"Kalau habis ya tinggal diganti. Bisa di bengkel bisa juga pasang sendiri. Tapi kalau model PCX agak rumit gantinya," papar Hendro.

Walaupun memang tidak ada solusi menyalakan motor tanpa kick starter ketika aki habis, Honda sudah menanamkan sistem notifikasi baterai motor di panel instrumennya. Pemilik harusnya sudah mendapatkan peringatan saat baterai akan habis dengan indikator lampu baterai berwarna merah.

"Indikator baterai akan keluar apabila baterai sudah drop. Itu berupa gambar baterai merah apabila tegangan baterai mulai melemah. Itu indikator konsumen bahwa baterai akan mendekati soak. Motor masih bisa nyala saat itu tapi nanti makin lama semakin habis akan mati juga," pungkasnya.



Simak Video "Bantu Kurangi Polusi, Grab Luncurkan Kendaraan Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)