Motor Pakai Smart Key, Lakukan Hal Ini Supaya Lebih Aman

Rizki Pratama - detikOto
Jumat, 13 Nov 2020 15:49 WIB
Honda Smart Key
Honda Smart Key. (Rizki Pratama/detikOto)
Jakarta -

Semakin banyak motor meninggalkan kunci konvensional dan beralih memakai Smart Key. Termasuk Honda Scoopy terbaru yang meluncur beberapa hari lalu.

Smart Key lebih praktis dan mudah digunakan daripada kunci konvensional Tidak perlu lagi memasukan anak kunci ke lubang untuk menyalakan motor. Selama remote dan pengendara berdekatan, motor sudah dapat dinyalakan dengan memutar tuas yang ada di panel instrumen di bawah leher motor.

Dengan teknologi yang masih dibilang baru ini, tentu ada beberapa kebiasaan berkendara yang harus diubah. Kebiasaan kunci menggantung saat berkendara kini tidak ada lagi. Smart Key dapat ditempatkan di manapun saat berkendara, tapi di manakah tempat yang paling aman?

Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), Hendro Sutarno mengatakan memang untuk hal ini perlu diedukasi dan dibiasakan oleh pemilik agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Sebaiknya saat berkendara remote Smart Key tidak ditaruh di tempat penyimpanan motor atau tas.

"Kalau ditaroh di motor di lacinya jangan. Kalau di tas kadang juga terpisah," saran Hendro kala ditemui di Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC), Cikarang, Jawa Barat pada Kamis (12/9/2020).

"Sebenarnya posisi remote lebih baik di kantong, satu dengan kita. Jadi ke mana aja remote ngikut," timpalnya.

Selain penempatan remote, Hendro juga mengingatkan pengguna Smart Key untuk membiasakan untuk mematikan remote dan saklar starter di posisi off. Indikator smart key ada di posisi OFF adalah lampu berwarna merah pada remote akan menyala saat ditekan.

"Saran saya begitu (motor) sudah dimatikan Smart Key itu posisi off hingga indikator lampu LED merah. Khawatirnya kita di dekat motor ada orang lain yang menyalakan. Jadi supaya tidak ada fairing mencari sinyal antara motor dan remotenya," tukas Hendro.



Simak Video "Mobil Boros? Bisa Jadi Salah Pakai Oli Mesin"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)