Tanda-tanda Busi Mobil Aus atau Rusak

Rizki Pratama - detikOto
Minggu, 01 Nov 2020 08:00 WIB
Pengecekan busi mobil
Periksa busi mobil agar performa tetap maksimal. Foto: NGK Busi Indonesia
Jakarta -

Busi adalah komponen kecil yang memiliki peran besar dalam mekanisme nyalanya kendaraan. Ketika rusak atau umurnya sudah habis, performa kendaraan juga akan terpengaruh.

Sebelum ini terjadi, sebenarnya ada beberapa ciri-ciri busi sudah mulai tidak bekerja dengan baik lagi. Berikut indikator busi mobil kualitasnya sudah menurun yang dapat anda kenali. Masalah di bawah ini dapat diperbaiki sendiri atau langsung diganti dengan baru.

1. Akselerasi Kurang

Salah satu ciri yang paling mudah dikenali saat busi sudah aus adalah akselerasi mobil menjadi terhambat. Tidak hanya itu saja, mobil juga terkadang mengalami lonjakan pada bagian mesin saat sedang berjalan.

Selain itu konsumsi bahan bakar juga akan menjadi lebih boros apabila busi sudah tak lagi bekerja maksimal. Anda perlu membersihkan bagian busi tersebut agar mobil kembali normal.

2. Cek Visual

Selain ditandai dengan kondisi aneh saat mobil sedang beroperasi, Anda bisa melihat bagaimana keadaan busi ini dari pergantian warna pada busi saat mobil dalam keadaan mati. Warna busi akan berubah menjadi kecoklatan jika sudah lama, dimana hal tersebut menandakan bahwa busi sudah aus dan waktunya mengganti.

Berbeda dengan warna busi yang menjadi agak kemerahan. Warna ini mengindikasikan bahwa mesin mobil tersebut sudah terlalu panas.

3. Sulit Dinyalakan

Saat Anda akan menghidupkan mobil, mobil kadang lebih sulit menyala. Hal ini bisa jadi dipengaruhi oleh busi yang sudah mulai usang. Busi mobil memang memiliki pengaruh penting terhadap performa kendaraan. Tanpa busi yang 'sehat', mobil juga akan mengalami berbagai gangguan atau kerusakan.

Kendala lain yang juga mungkin dialami adalah, saat berada di RPM rendah mobil menjadi tidak stabil. Getaran pada mesin juga akan terasa tidak nyaman dan aneh. Hal seperti ini sudah menjadi pertanda umum bahwa Anda harus segera mengganti busi dengan yang baru.

4. Saat Mesin Idle, Kondisinya Tidak Wajar

Pernah merasakan hal aneh saat berada di dalam kabin? Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh mesin yang sudah tidak halus lagi. Kejanggalan seperti ini akan semakin terasa saat Anda berada di dalam kabin.

Putaran mesin yang bergetar pun akan sangat terasa saat mobil dalam keadaan diam. Selain itu, saat tuas gas diinjak juga akan terasa jauh lebih berat. Nah, beberapa hal ini ternyata juga menjadi penanda awal bahwa Anda harus segera mengganti busi dengan yang baru.

5. Performa Mesin Turun Drastis

Busi memiliki hubungan yang cukup erat dengan bagian mesin pada mobil. Jika busi sedang tidak dalam keadaan baik, performa mesin akan turun drastis. Tidak hanya akan turun drastis saja, mesin mobil akan memburuk seiring dengan bertambah buruknya businya.

6. Banyak Kerak dan Tetesan Oli Pada Busi

Jika sudah sampai pada kondisi ini, Anda wajib untuk segera mengganti busi pada mobil. Hal ini dikarenakan busi yang memiliki kerak dan tetesan oli menandakan bahwa terdapat banyak kerusakan pada busi tersebut.

Kerak yang terdapat dalam busi ini dapat menghalangi massa busi. Massa busi ini digunakan sebagai media pemercik api. Dalam kondisi ini, jika media tersebut ditutupi oleh kerak, maka akan mengganggu hubungan antara elektroda dengan masa tersebut.



Simak Video "Permainan dari Busi Bekas, Pamekasan"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)