Makin Banyak Pesepeda Abaikan Keselamatan, Awas Disamber Mobil/Motor!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 14 Sep 2020 11:16 WIB
Viral Sepeda Masuk Tol di Bogor
Pesepeda masuk tol dan melawan arus. Foto: Screenshot Video Viral
Jakarta -

Olahraga bersepeda akhir-akhir ini menjadi tren yang banyak digandrungi masyarakat. Tak sedikit warga yang memanfaatkan akhir pekan untuk berolahraga menggunakan sepeda.

Namun, maraknya penggunaan sepeda di tengah pandemi COVID-19 ini juga makin banyak pengguna sepeda yang membahayakan diri sendiri dan orang lain. Mereka banyak yang bersepeda sambil gerombolan dengan pesepeda lain, bahkan sampai melanggar lalu lintas.

Salah satunya adalah kejadian yang viral akhir pekan kemarin. Beberapa gerombolan pesepeda masuk jalan tol di Tol Jagorawi hingga melawan arah di jalan tol tersebut. Tentunya itu sangat disayangkan mengingat jalan tol hanya diperuntukkan bagi kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

"Jangan pernah berpikir selama jalanan bisa dilewati berarti boleh, dan jangan juga berpikir karena tidak bermesin artinya bebas dari jerat undang-undang," praktisi keselamatan berkendara yang juga Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana, melalui pesan singkat kepada detikcom, Senin (14/9/2020).

"Selama pesepeda sudah di atas jalan, risiko kecelakaan tinggi, jadi bersepedalah dengan hati-hati. Sering salah mengambil keputusan, kecelakaan mengintai. Dan pentingnya mematuhi aturan. Artinya selama bersepeda lihat rambu-rambu dan jangan melanggar," sambung Sony.

Sony menegaskan, bersepeda itu adalah kegiatan untuk menyehatkan. "Tidak hanya mengejar kesehatan jasmani tapi juga rohani, percuma kalau cuma yang sehat 1 doang," sebutnya.

Yang kedua, jalan raya dibuat untuk kepentingan bersama dan digunakan dengan toleransi. "Jadi kedepankan etika," katanya.

Menurut Sony, perlu diperhatikan bahwa pesepeda di jalan raya berhadapan langsung dengan pengguna jalan lain seperti mobil atau motor. Mobil dan motor pastinya memiliki kecepatan di atas kecepatan sepeda.

"Dan ketika kontak dengan kendaraan, pesepeda pasti kalah/cedera, jadi berhati-hatilah selama di jalan raya," tutup Sony.



Simak Video "Ingin Bersepeda dengan Aman? Gunakan Jasa Pengamanan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)