Senin, 14 Sep 2020 08:36 WIB

Keren, Bapak Tua dari Pondok Gede Ini Bikin Sepeda Listrik Sendiri

Rizki Pratama - detikOto
Sepeda Listrik Bapak berusia 60-an di Bekasi membuat sepeda listrik sendiri.Foto: Dikhy Sasra
Jakarta -

Elektrifikasi tidak hanya menyetrum kendaraan berbahan bakar bensin tapi juga menyengat sepeda. Di sepeda sebenarnya elektrifikasi dapat dilakukan dengan ringkas.

Saking mudahnya, seorang bapak bernama Mujahid yang sudah memasuki usia lanjut dari Pondok Gede, Bekasi, mampu merakit sepeda listrik sendiri. Hasil karyanya itu menarik perhatian detikOto untuk mengenal lebih jauh tentang sepeda listrik yang dinamai Sigma itu.

Saat ditemui, alasan utama Mujahid membuat sepeda listrik adalah karena ia memang mencintai sepeda. Namun, usia tua kadang membatasi jarak tempuhnya bersepeda hingga akhirnya ia menemukan solusi dengan mencangkok perangkat elektrifikasi ke sepeda biasa.

Sepeda ListrikSepeda Listrik Foto: Dikhy Sasra

"Latar belakang bikin sepeda listrik kebetulan ya kita sudah berumur dan teman-teman kita (umurnya) masih 40 ke bawah. Saya udah 60 ke atas, rekan-rekan kita bukan main tenaganya karena masih muda. Kita pingin ikut bareng mereka jadi kita bikin solusinya, tambahan tenaga pakai listrik. Dari sana timbul idenya," tutur Mujahid saat ditemui di rumahnya di Pondok Gede, Bekasi, Sabtu (12/9/2020) kemarin.

Saat ini Mujahid sudah membuat dua sepeda yang dapat digenjot oleh tenaga listrik. Model pertama dikatakan masih termasuk purwarupa karena pengerjaan belum rapi dan sudah dibongkar untuk dicoba beberapa kali. Sepeda kedua disempurnakan dan sudah dibuat lebih rapi serta diberikan nama Sigma yang kebetulan nama dari perumahan tempat Mujahid bermukim.

"Ini yang pertama waktu masih coba-coba. Bisa dibilang prototipe lah. Setelah itu timbul ide kenapa nggak dikasih temannya. Lalu dibikinlah ini Sigma yang sudah disempurnakan," ujarnya.

Sepeda ListrikSepeda Listrik Foto: Dikhy Sasra

Ide Mujahid membuat sepeda listrik ini juga baru muncul di tengah pandemi ini. Katanya pertama kali prototipenya ini dibuat 3 bulan lalu. Dalam waktu 10 hari ia berhasil menciptakan rancangan pertama sepeda listriknya. Sementara itu model sepeda listrik yang sudah rapi dibuat baru 3 minggu lalu.

"Ini udah sekitar 3-4 bulan lalu. pengerjaan kurang lebih 10 hari. Yang baru bikinnya 3 minggu lalu baru selesai minggu lalu. Disempurnakan biar kelihatannya lebih manis. Nanti mau kita permanis lagi jadi lebih ramping rencananya," tutupnya.



Simak Video "Canggih! Kakek di Bekasi Ciptakan Sepeda Listrik Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com