Selasa, 08 Sep 2020 07:06 WIB

Kaca Mobil Jamuran? Bisa Dibersihkan dengan 3 Cairan Ini

Rizki Pratama - detikOto
Pasangan suami-istri penyandang tuna rungu di Tangerang menawarkan jasa panggilan cuci mobil. Pasangan ini terus berjuang untuk hidup di tengah pandemi Corona. Tips membersihkan jamur dari kaca mobil. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Jarak dan daya pandang merupakan elemen penting dalam mengendarai mobil. Untuk itu kebersihan kaca mobil sangat penting agar pengemudi tidak mengalami gangguan pandangan yang berujung pada kecelakaan.

Salah satu masalah yang dapat mengganggu visibiltas kaca mobil adalah jamur. Hal ini dapat dihindari jika mobil dibersihkan secara berkala. Namun, jika terlanjur ditumbuhi jamur ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membersihkannya dengan mudah.

Dikutip dari laman resmi Auto2000 ada tiga barang yang dapat digunakan untuk membersihkan jamur dari kaca mobil. Apa saja dan bagaimana cara menggunakannya? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Glass Cleaner

Seperti namanya, ini adalah produk yang ditujukan untuk membersihkan kaca. Produk ini berbentuk cairan kental dan pekat yang dapat membersihkan sekaligus memberikan hasil akhir berkilau. Glass Cleaner yang bagus dapat mengangkat minyak sekaligus jamur yang sudah mengakar di pori-pori kaca.

2. Pembersih Kaca Akuarium

Produk ini bentuknya juga cair, tapi lebih encer dan mudah diratakan ke permukaan kaca mobil. Meski demikian, karena fungsi utamanya bukan untuk mobil, penggunannya tak bisa asal-asalan.

Sesaat setelah membersihkan kaca mobil dengan cairan ini, kaca mobil harus segera dibilas dengan air. Sebab apabila dibiarkan agak lama dan terlanjur mengering akan meninggalkan bercak. Perlu diperhatikan pula cairan ini memiliki efek gatal-gatal apabila terpapar kulit manusia. Sebaiknya gunakan pelindung diri seperti sarung tangan dan pelindung bagian tubuh lain yang sekiranya diperlukan.


3. Pasta Gigi dan Alkohol

Ini merupakan benda yang terbilang lebih mudah didapat di rumah. Pasta gigi dicampurkan dengan alkohol dapat menjadi ramuan alternatif pembersih jamur dari kaca mobil. Tapi perlu diingat, karena bukan produk khusus pembersih kaca hasil akhirnya tak begitu maksimal. Pasalnya ramuan ini memiliki tingkat penguapan yang tinggi dan sangat cepat kering yang membuat proses membersihkan jadi lebih lama.

Gunakan alkohol dengan kandungan 50-90 persen dengan pasta gigi non gel yang biasanya berwarna putih. Bila kaca mobil terdapat bercak water spot dan jamur, bisa langsung menggabungkan keduanya untuk bahan membersihkan noda. Pertama, bersihkan kaca dengan alkohol kemudian memakai pasta gigi di titik jamur yang sulit dibersihkan. Basahi kain lembut dengan alkohol kemudian gosokkan untuk membersihkan kaca mobil dari jamur.

Pastikan juga saat melakukan ini alkohol jangan sampai mengenai permukaan cat body mobil karena dapat merusaknya. Untuk jamur yang sulit dibersihkan, cukup olesi bagian tersebut dengan pasta gigi secara merata dan tunggu hingga kering. Butiran lembut yang terkandung di dalam pasta gigi bisa mengikis jamur yang membandel. Setelah kering, bilas bekas odol tadi dengan air sembari digosok dengan kain lembut. Bilas kembali dengan air dan pastikan permukaan kaca yang bersih dari pasta gigi. Lanjutkan keringkan dengan lap microfiber agar tidak ada lagi sisa air yang menempel.



Simak Video "Detik-detik Pembobolan Mobil Berisi Cek Rp 43 M di Kemang"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com