Senin, 07 Sep 2020 15:38 WIB

AC Mobil Nyala Tanpa Menghidupkan Mesin, Ini Risikonya

Luthfi Anshori - detikOto
AC mobil SsangYong Ilustrasi kenop AC mobil. Foto: SsangYong
Jakarta -

Pernah menyalakan AC mobil namun mesin tidak ikut dihidupkan? Sebaiknya kebiasaan itu jangan diulangi ya detikers, sebab bisa berdampak buruk ke sistem kelistrikan mobil Anda.

Dijelaskan Service Manager Auto2000 Cilandak, Suparna, saat kenop AC mobil diputar ke posisi on, namun mesin dalam kondisi mati, sejatinya AC itu tidak bekerja. Adapun komponen yang aktif hanya blower kabin.

"Kan syarat AC nyala, kompresor muter dan muternya pakai putaran mesin kalau mesin konvensional. Kalau mesin mobil mati yang muter hanya kipas atau blower kabin. Sedangkan kompresor AC gak muter, makanya udara yang berembus gak dingin," bilang Suparna, kepada detikOto, Senin (7/9/2020).

Menurut Suparna, sejauh hal itu tidak dilakukan berlebihan dan tidak menjadi kebiasaan, maka tidak berdampak serius ke sistem kelistrikan. "Kecuali kalau kelamaan menghidupkannya, sedangkan mesin mati. Maka cadangan arus listrik di battery bisa tekor. Sehingga saat mau starter mesin jadi gak kuat," lanjut Suparna.

Hal itu terjadi karena battery atau aki digunakan terus, sementara pengisian ulang daya listrik tidak terjadi karena mesin kondisi off. "Kalau hanya sejam saja masih nggak masalah, asal kondisi battery masih prima. Tapi kalau sampai setengah harian atau lebih, aki bisa tekor," tukas Suparna.



Simak Video "Mobil Listrik Termurah! Fiturnya Sangat Memuaskan "
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com