Jumat, 22 Mei 2020 19:31 WIB

Cara Aman Simpan Hand Sanitizer Agar Tak Jadi Pemicu Kebakaran di Mobil

Luthfi Anshori - detikOto
Hand sanitizer bisa picu kebakaran di mobil Hand sanitizer bisa jadi penyebab kebakaran di mobil.(Foto: Facebook Western Lakes Fire District)
Jakarta -

Cairan pembersih tangan atau hand sanitizer bisa menjadi pemicu terjadinya kebakaran mobil. Ini terjadi karena cairan hand sanitizer terbuat dari alkohol yang mudah terbakar.

Dijelaskan Service Manager Auto2000 Cilandak, Suparna, ada cara aman menyimpan hand sanitizer dalam mobil agar tak jadi pemicu kebakaran. Yang terpenting botol tertutup rapat dan tidak bocor.

"Kalau kita menyimpan hand sanitizer dalam kondisi tertutup rapat dan isinya tidak terlalu penuh, itu pasti sangat-sangat aman," kata Suparna melalui pesan singkat kepada detikOto, Jumat (22/5/2020).

Kendati bisa menimbulkan kebakaran, Suparna mengatakan bahwa hand sanitizer tidak bisa menjadi penyebab langsung pemicu percikan api di mobil.

"Karena ada 3 syarat terjadinya pembakaran. Pertama adanya BBM, dalam hal ini hand sanitizer. Kedua adanya oksigen, dalam hal ini adalah udara di dalam cabin. Ketiga adanya percikan api/panas," jelas Suparna.

Misalnya pada mobil bermesin bensin, maka perlu kondisi di mana hand sanitizer menguap sedemikian banyak di kabin. Artinya botol hand sanitizer kondisinya mesti terbuka, tidak ditutup dalam kemasan, sehingga mudah menguap pada kondisi panas kabin saat mobil diparkir.

"Selanjutnya untuk membuat terbakar, maka perlu adanya percikan api. Berarti perlu perangkat mobil di kabin yang korsleting atau hubungan arus pendek, atau powerbank atau alat pemicu lain yang menimbulkan percikan api," katanya lagi.

Artinya, menurut Suparna, perlu faktor keteledoran pengendara dalam menyimpan hand sanitizer di kabin sehingga kondisi terbuka dan mudah menguap, serta harus ada masalah di perangkat elektronik di kabin, yang menimbulkan percikan api.

"Dan bilamana kedua situasi itu terjadi, bisa terjadi terbakar bisa juga tidak, tergantung seberapa kadar uapnya dan di mana lokasi pecikan apinya. Jadi bilamana unsafe action dan unsafe condition tersebut tidak terjadi atau tidak kita lakukan, maka relatif aman," tukas Suparna.



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Hand Sanitizer Digunakan Terus Menerus"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com