Jumat, 17 Apr 2020 09:28 WIB

Harga Lagi Turun, Ini yang Harus Diperhatikan Kalau Mau Beli Mobil Bekas Sekarang

Ridwan Arifin - detikOto
Membeli mobil bekas bisa jadi opsi menarik bagi konsumen yang ingin punya kendaraan keluarga, namun dengan budget atau dana yang pas-pasan. Tepatkah beli mobill bekas di tengah pandemi corona? Foto: Luthfi Anshori
Jakarta -

Potongan harga baik kendaraan baru atau bekas gencar diberikan. Bahkan, disebut banderol mobil bekas anjlok hingga 30 persen. Tergiur?

Tapi menurut Financial Planner sekaligus CEO OneShildt, Budi Raharjo, membeli mobil bekas di tengah pandemi Corona melanda perlu keputusan matang.

"Sebaiknya juga dipertimbangkan matang-matang sebelum mengambil keputusan. Apalagi kalau dibelinya secara kredit." kata Budi saat dihubungi detikcom, Kamis (16/4/2020).

"Kalau kendaraan saat ini masih cukup mumpuni, layak untuk digunakan. Tidak ada salahnya menunda dulu rencana, lebih baik uang tabungan digunakan untuk berjaga-jaga," sambungnya.

Di tengah situasi yang belum menentu, Budi mengimbau masyarakat bisa memilih prioritas yang lebih utama. Ketimbang mengganti kendaraan, jika hal itu bersifat sekedar konsumsi.

"Pikirkan juga, kira-kira perusahaan tempat dia bekerja ini bisa bertahan berapa lama, dan terkena efek atau tidak. Jadi perlu melihat jangka panjangnya juga," kata Budi.

Bagaimana dengan calon konsumen yang sudah merencanakan untuk membeli mobil dari jauh-jauh hari? Budi menyarankan boleh saja, jika ia memiliki dana cadangan darurat.

"Untuk konsumsi pribadi jika pada awalnya direncanakan membeli kendaraan dan secara finansial kondisi keuangannya mendukung. Tentu dia bisa melanjutkan rencana dia untuk membeli kendaraan."

"Misalnya dia sudah rutin tiap 5 tahun sekali tukar kendaraan dengan kendaraan baru. Ini bisa saja membeli dan justru menjadi opportunity lebih baik kendaraan baru ataupun bekas saat ini memberikan diskon lebih," jelas Budi.

Keuntungan lain yang didapat, karena supply meningkat dan demand menurun. Selain potongan harga juga pilihan mobil lebih banyak sesuai kebutuhan.

"Justru karena banyak sekali kendaraan bekas yang sedang dijual baik karena alasan kebutuhan finansial yang dilakukan jadi dia bisa memilih kendaraan mana yang sesuai kebutuhannya, kondisinya, karena banyaknya supply, dan harganya juga lebih miring, bahkan dengan budget yang sama dia bisa mendapatkan budget yang lebih baik," ungkap Budi.



Simak Video "Tips Aman Berkegiatan Sehari-hari Agar Bebas Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com