Minggu, 09 Feb 2020 11:10 WIB

Jangan Tiru Aksi Tohap Silaban, Ada Cara Cegah Emosi di Jalan

Ridwan Arifin - detikOto
Tohap Silaban ditangkap polisi Foto: Tohap Silaban ditangkap polisi (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Tohap Silaban sudah ditetapkan sebagai tersangka. Sebelumnya ia emosi bahkan mengajak duel petugas polisi patroli jalan raya lantaran tak terima ditilang saat melintas di Jalan Tol Angke, Jakarta Barat, Jumat (7/2).

Karena tak terima ditilang petugas. Dia mendorong, mencekik, hingga mengajak duel anggota PJR tersebut. Saat itu, Bripka Rusdi dan Brigadir Eko Budiarto tengah berpatroli dan melihat banyak kendaraan yang berhenti di bahu jalan tol.

Diduga kuat, kendaraan-kendaraan tersebut berhenti di bahu tol untuk menunggu waktu ganjil-genap selesai. Untuk diketahui, ganjil-genap pada pagi hari berlaku pada pukul 06.00-10.00 WIB.

Kejadian ini direkam oleh Brigadir Eko sebagai laporan kepada pimpinannya. Dalam video yang beredar, Tohap tampak sangat emosional saat itu.

Agar kasus emosi seperti yang dilakukan Tolap tak lagi terulang, setiap pengendara di jalan wajib mengontrol emosi di jalan.

Perilaku kekerasan saat berkendara dikenal dengan sebutan road rage, perilaku agresif atau marah yang ditunjukkan oleh pengemudi kendaraan jalan.

Beberapa waktu yang lalu, Yudi Prasetio, salah satu praktisi keselamatan berkendara dari Rifat Drive Labs mengatakan terdapat cara untuk mencegah untuk menghindari road rage.

Pertama, ketika hendak berkendara, tubuh harus dalam kondisi fit dengan istirahat yang cukup. Sehingga ketika menyetir pun konsentrasi akan lebih maksimal.

Kedua, manajemen waktu perjalanan. Berangkat lebih awal bisa menjadi salah satu solusi agar memiliki waktu yang cukup, dengan demikian perjalanan tidak menjadi terburu-buru, sehingga potensi melanggar lalu lintas pun semakin terhindar.

(Halaman selanjutnya, rencanakan jalur untuk melintas)

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com