Jumat, 24 Jan 2020 15:22 WIB

Ingat Lagi Syarat Mobil Bisa Basah-basahan Terjang Banjir

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi mobil menerjang banjir Foto: Instagram/Sandiaga Uno
Jakarta -

Hujan yang mengguyur sejak pagi di wilayah Jakarta membuat sejumlah titik terendam banjir. Bagi pengemudi yang hendak menerjang banjir, terdapat indikator keamanan agar mobil bisa menerobos tanpa mengalami masalah.

Pertama, jika sudah mencapai ketinggian lebih dari setengah ban, maka sangat dianjurkan untuk tidak memaksakan diri.

"Batas maksimal paling aman adalah hanya setengah roda dan tidak panjang (jarak tempuhnya)," ujar Instruktur Rifat Drive Labs, Erreza Hardian beberapa waktu yang lalu.

Bukan tanpa sebab, dari sisi keselamatan berkendara, semakin tinggi air maka semakin sulit untuk mengendalikan kendaraan.

"Arus air sangat kuat ketika melintas secara vertikal atau horizontal akan sangat berbahaya. Handling kendaraan akan sangat sulit, ketika belum berpengalaman diharapkan stop berkendara," jelas Reza.

Di samping itu jangan lupa pula efek hydroplaning yang dapat membuat ban tidak lagi mencengkram aspal dan membahayakan mobil. Reza menegaskan kembali bahwa tidak ada namanya cara aman berkendara di kondisi banjir seperti ini. Hal yang harus dilakukan adalah menjaga diri dengan tidak menambah resiko kecelakaan lewat berkendara.

"Jadi sangat tidak direkomendasikan tetap berkendara, maka saya tidak akan mengatakan prosedur aman melintasi banir. Kalau defensive ya jangan melintas dan stop berkendara," tutupnya.

Dari segi teknis, Head of Service 2W, 4W, and Marine PT Suzuki Indomobil Sales Riecky Patrayudha pernah menjelaskan bahwa musuh utama mobil kala menerobos banjir adalah gejala engine water hammer.

Hal ini bisa terjadi saat mobil menerjang genangan namun air masuk melewati air intake. Bahayanya akan membuat setang piston bengkok, ring piston rusak, dinding silinder baret, dan yang paling parah, melengkungnya head silinder.

"Batas toleransi air yang bisa dilalui mobil biasanya setinggi ban. Jika air sudah di atas ban, itu sudah pasti air akan masuk ke ruang bakar dan terjadi water hammer," pungkas Riecky.

Ingat Lagi Syarat Mobil Bisa Basah-basahan Terjang Banjir


Simak Video "Kawasan Mangga Dua Banjir Usai Diguyur Hujan Deras"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com