Kamis, 23 Jan 2020 20:10 WIB

Bonceng Anak Kecil yang Aman, Perhatikan Tinggi Kaki?

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: 20detik
Jakarta -

Berkendara menggunakan sepeda motor memiliki risiko, apalagi ketika membonceng anak kecil. Dari kacamata keselamatan berkendara, sebenarnya adakah syarat aman saat memboncengi anak-anak.

Instruktrur Rifat Drive Labs, Erreza Hardian mengatakan sebaiknya hendak membonceng anak kecil perlu diperhatikan ketinggian ideal sang anak terlebih dahulu.

"Ada syaratnya (aman) yaitu anak minimal sudah bisa menginjak footstep, bisa mengikuti gerak pengemudi," kata Reza kepada detikcom, Kamis (22/1/2020).


Panjang kaki anak kecil yang belum dapat menjangkau pijakan pada motor (foot step), dikhawatirkan bisa membuat pengemudi kehilangan keseimbangan saat bermanuver, seperti ketika menikung atau menyalip kendaraan lain. Anak-anak pun mudah terjatuh.

Bagi anak-anak yang sudah menyentuh pijakan kaki pada motor kemudian dibonceng, juga perlu dibekali dengan peranti keselamatan berkendara, seperti helm dan jaket. Dan satu hal penting lainnya, yakni jangan diposisikan di depan.



"Menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) yang sama dengan pengemudi, dan duduk di belakang," kata Reza.

Dengan demikian jika hendak berboncengan berdua dengan anak, pastikan yang pertama kakinya telah bisa menginjak foot step dengan baik ketika duduk. Tak kalah penting, baik jarak dekat ataupun jauh sekalipun bekali mereka dengan perkakas keselamatan berkendara, dan terakhir duduk di belakang pengemudi.

Bonceng Anak Kecil yang Aman, Perhatikan Tinggi Kaki?


Simak Video "Review Yaris 2020, Senjata Toyota Lawan Honda Jazz"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com