Rabu, 11 Okt 2017 07:22 WIB

Ini Cara Pilih Oli Biar Tidak Mogok Saat Musim Penghujan

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: ExxonMobil
Jakarta - Saat musim penghujan, selain kebersihan, durabilitas oli juga menjadi perhatian untuk para pengendara harian. Karena tak jarang bila pemilihan oli tidak tepat, mobil atau motor tidak dapat dihidupkan atau mati mesin secara mendadak.

Regional Sales Manager Commercial Vehicle Lubricant PT ExxonMobil Lubricants Indonesia Indra Ardianti mengatakan masalah mesin mogok tersebut sering kali mengganggu.

"Saat kendaraan baru dihidupkan memang kan posisinya dingin. Apalagi saat dia jalan dan suhu di luar terlalu ekstrem dinginnya, otomatis ini akan mempengaruhi pembakaran atau kinerja oli. Bila oli nya tak tepat, masalah nih," katanya kepada wartawan di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (10/10/2017).

Untuk menanggulangi hal tersebut, Indra menyarankan untuk menggunakan oli yang sudah Multi Grade. Sehingga, oli dapat berkerja di berbagai kondisi cuaca.

"Oleh karena itu, pakai saja oli yang multi grade. Karena oli ini memungkinkan dapat bekerja saat suhu rendah maupun tinggi," katanya.

"Jadi, pada saat baru mulai hidupkan mesin, dia akan pakai viscocity rendah tadi sehingga langsung bisa jalan olinya. Kalau sudah panas, dia akan ganti pakai viscocity yang tinggi tadi. Otomatis sehingga aman," kata Indra lagi. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com