Waspada Hujan Ekstrem, Jangan Maksa Naik Motor!

ADVERTISEMENT

Waspada Hujan Ekstrem, Jangan Maksa Naik Motor!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 28 Des 2022 12:09 WIB
Sejumlah kendaraan melintas saat hujan di Bundaran HI, Jakarta, Jumat, (18/2/2022).
Hati-hati cuaca ekstrem sampai tahun baru (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi adanya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. BMKG menepis informasi dari peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) terkait adanya potensi badai besar di Jabodetabek pada 28 Desember 2022.

Meski begitu, pengendara diminta tetap hati-hati menghadapi cuaca ekstrem. Apalagi pengendara sepeda motor yang risiko kecelakaannya lebih besar saat terjadi hujan.

Menurut BMKG, wilayah Jabodetabek memang sedang berada dalam periode puncak musim hujan. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat bahkan sangat lebat masih berpotensi terjadi hingga awal Januari 2023.

"Prakiraan cuaca tanggal 28 Desember 2022 pada umumnya adalah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat namun bukan badai. Peningkatan curah hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat berpotensi terjadi pada tanggal 30 Desember 2022," ujarnya.

Instruktur Defensive Driving dan Riding GDDC Andry Berlianto, mengatakan sebaiknya pengendara sepeda motor tidak memaksakan diri berkendara saat hujan. Dia menyarankan, ketika hujan turun apalagi hujan lebat, sebaiknya pengendara motor menunda perjalanan.

"Dengan menunda, kita telah menekan risiko celaka/kecelakaan," kata Andry kepada detikcom.

Selain itu, pengendara sepeda motor juga diminta untuk selalu membawa jas hujan lengkap. Gunakan jas hujan tipe atas bawah, bukan model ponco.

"Perhatikan safety gear yang lain seperti glove (sarung tangan), jaket hingga sepatu, miliki peralatan dobel agar mudah diganti saat basah," sebut Andry.

Pengendara disarankan untuk selalu up to date terhadap informasi cuaca. Bisa pantau BMKG dan sejenisnya.

"Persiapkan diri untuk worst case scenario seperti angin, banjir, macet, mogok, dan lain-lain. Persiapkan diri dengan fisik yang baik, sehat," ujar Andry.

Kondisi kendaraan juga harus diperhatikan. Persiapkan kendaraan dengan fungsi yang maksimal agar tidak mudah mogok atau rusak ketika harus berhadapan dengan kondisi cuaca ekstrem. Perhatikan kondisi ban. Kalau ban sudah gundul, segera ganti.

Untuk merencanakan perjalanan, perhatikan rute-rute atau jalur yang kerap ada potensi banjir. Berkendara secara cerdas dengan mengatur manajemen perjalanan.



Simak Video "Kapan Sebaiknya Motor Ganti Oli?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT