Biar Garansi Baterai Motor Listrik Tak Hangus, Hindari Hal Ini

ADVERTISEMENT

Biar Garansi Baterai Motor Listrik Tak Hangus, Hindari Hal Ini

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Senin, 10 Okt 2022 15:16 WIB
Baterai Motor Listrik Alva One. Foto: Septian Farhan Nurhuda.
Baterai motor listrik Alva One. (Foto: Septian Farhan Nurhuda / Detik.com
Jakarta -

Produsen motor listrik umumnya menyediakan garansi khusus untuk komponen baterai kendaraan. Biasanya, jaminan tersebut berlaku selama tiga sampai lima tahun sejak awal pembelian. Lalu, apa yang membuat garansinya bisa hangus?

Putu Yudha, selaku Chief Business Officer menjelaskan, pihaknya menyediakan garansi baterai hingga tiga tahun untuk setiap pembelian motor listrik ALVA. Namun, garansi tersebut bisa hangus lebih awal lantaran kesalahan pemiliknya sendiri.

Itulah mengapa, Putu mengingatkan untuk lebih berhati-hati, termasuk saat hendak mengeluarkan baterai dari tempatnya.

"Baterainya bisa dipindahkan, namun jangan melupakan kalau baterai dapat dicas langsung ke soket yang ada di motornya atau yang biasa dikenal dengan istilah onboard charging," ujar Putu saat ditemui detikOto di ALVA Experience Center, SCBD, Jakarta Selatan, akhir pekan kemarin.

ALVA Experience Center di Jakarta. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto.ALVA Experience Center di Jakarta. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto. Foto: Septian Farhan Nurhuda

Lebih jauh, Putu mengingatkan, agar garansi tetap terjaga, baterai semestinya dijauhkan dari berbagai kemungkinan buruk, seperti terkena benturan keras atau terpapar cairan.

"Baterai juga harus diperlakukan dengan baik, dalam arti terlindung dari benturan dan cairan pada saat baterai dikeluarkan dari kompartemen," kata dia.

Layaknya ponsel, baterai motor listrik juga memiliki 'health level' yang bisa diukur menggunakan alat khusus saat melakukan periodic maintenance. Itulah sebabnya, agar kualitas dan kinerjanya tetap terjaga, pemilik harus pandai-pandai merawatnya. Misalnya, jangan sampai telat mengisi dayanya.



Simak Video "Bisa DP Nol Persen, Berapa Cicilan Bulanan Motor Listrik ALVA One?"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT