Kualitas Udara Jakarta Buruk, Pakai Ini Saat Naik Motor

Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 19 Jun 2022 11:19 WIB
Data yang didapat dari peta polusi udara online, AirVisual, menyatakan bahwa kualitas udara di ibu kota tak sehat. Hal itu tentunya bukan prestasi membanggakan.
Kualitas udara di Jakarta masuk dalam tiga besar yang terburuk di dunia. Pejalan kaki hingga pengguna sepeda motor disarankan untuk menggunakan masker. (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Kualitas udara di Jakarta masuk dalam tiga besar yang terburuk di dunia pada Sabtu dan Minggu (18-19/6) akhir pekan ini. Hal tersebut membuat pengendara motor perlu memperhatikan perlengkapan berkendaranya.

Dilihat detikcom dari situs IQAir, indeks kualitas udara di Jakarta tembus angka 166 AQI US pada Minggu (19/6/22) pagi. Artinya kualitas udara di Jakarta tidak sehat.

Indeks kualitas udara 166 AQI US ini membuat Jakarta menempati posisi kedua terburuk di dunia dan berada di bawah kota Santiago di Cile.

"Gunakan masker saat berada di luar ruangan," saran IQAir untuk terlindungi dari polusi udara.

Tak hanya untuk pejalan kaki, menggunakan masker juga menjadi penting bagi pengendara sepeda motor.

Dilansir Klikdokter, dr. Vika Damay mengatakan bahwa menggunakan masker saat menggunakan sepeda motor akan mencegah kita dari gangguan kesehatan.

"Ingatlah, banyak polusi yang bertebaran di jalanan dan bisa terhirup. Setiap kendaraan bermotor melepaskan partikel berbahaya yang merupakan sisa pembakaran dari kendaraan," tulis dr. Vika.

"Gas-gas beracun seperti monoksida (CO), karbondioksida (CO2), Nitrogen (N),bahkan logam berat seperti timbal terkandung di dalam asap kendaraan bermotor. Gas-gas tersebut berbahaya bila dihirup dalam jangka waktu yang lama," lanjutnya.

Menggunakan masker saat menggunakan sepeda motor akan melindungi pengendara dari polusi udara. Selain itu, juga akan mengurangi risiko penyakit pernafasan.

"Efek yang bisa muncul di kemudian hari, misalnya penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) dan kanker," tulis dr. Vika.

Masker yang digunakan saat menggunakan sepeda motor juga dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari, melindungi dari cuaca dingin, serta membantu kita untuk mendapatkan udara yang bersih untuk dihirup.



Simak Video "Tips Aman Berolahraga di Tengah Buruknya Udara Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)