Kecil tapi Penting, Ini Kegunaan Tutup Pentil pada Velg Motor dan Mobil

ADVERTISEMENT

Kecil tapi Penting, Ini Kegunaan Tutup Pentil pada Velg Motor dan Mobil

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 08 Jun 2022 06:43 WIB
Penindakan parkir liar di Pondok Pinang, Jaksel
Ilustrasi tutup pentil velg (Foto: Yuni Ayu-detikcom)
Jakarta -

Berukuran kecil dan kerap tidak diperhatikan membuat banyak pengendara motor atau mobil tidak memperhatikan peran penting tutup pentil. Tapi asalkan detikers tahu ya, meski berukuran kecil dan kerap tak terlihat, tutup pentil memiliki peran yang sangat penting.

Dalam situs Wahana Honda, dijelaskan tutup pentil atau Valve Cap memiliki fungsi yang sangat penting, sebagai perlindungan bagian dalam dari lubang angin pada ban motor ataupun mobil.

Karena di dalam pentil ban terdapat beberapa komponen kecil yaitu seal berbahan karet, penonjok, dan per. Komponen tersebut akan mampu melindungi ban tidak kemasukan air, debu, hingga batu.

Selanjutnya yang tidak kalah penting, jika tutup pentil tidak terpasang, maka kemungkinan udara bisa keluar secara tiba-tiba karena penonjok (atau bagian tengah pada pentil untuk mengurangi udara) terkena yang membuat ada tekanan dari luar.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung menggelar penertiban terhadap mobil dan motor yang parkir liar. Ini foto-fotonya.Ilustrasi pentil velg Foto: Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung. Foto: Wisma Putra

Wahana Honda menyatakan, intinya dengan adanya valve cap alias tutup pentil ban bikin komponen di dalam pentil ban tetap terjaga. Sehingga saat valve cap ini hilang disaranakan agar jangan didiamkan. Lebih baik beli yang baru demi menjaga keamanan ban, terlebih harga yang ditawarkan untuk satu tutup pentil sangat murah kok dan bisa dikatakan sangat terjangkau.



Simak Video "Biar Awet! Ini Cara Merawat Motor Matik di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT