Cara Cek Oli Asli atau Palsu

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 09 Mar 2022 07:31 WIB
Oli motor Honda
Ilustrasi ganti oli motor (Wahana Honda)
Jakarta -

Federal Oil punya fitur guna menangkal pemalsuan oli. Nah, untuk mengantisipasi penyebaran oli palsu, Federal Oil meminta masyarakat agar lebih aktif memeriksa keaslian produk secara mandiri.

Hasril Arsyad, Federal Oil Brand General Manager mengatakan, pihaknya memiliki identitas baru berupa tema Indonesia melalui pola ukiran batik ke dalam bentuk botol yang baru.

Selanjutnya Federal Oil dilengkapi dengan teknologi QR Code terbaru yang membuat konsumen, dan partner bengkel dapat memastikan keaslian dari produk kapan saja dan di mana saja.

"Beberapa kali kita mendapatkan temuan atau feedback market bahwa ada temuan produk yang tidak sesuai atau terindikasi palsu. Hal ini kita coba hindari, jadi lebih ke arah prevention, mencegah, dengan proteksi ini maka konsumen sendiri bisa melihat, bisa scan barcode di belakang mereka bisa menemukan sendiri keasliannya," ujar Hasril
.
Jadi setelah pembeli scan barcode oli lewat smartphone, maka akan langsung nge-link ke web Federal Oil.

"Konsumen dan pemilik bengkel makin cermat, kami mendorong supaya mereka lebih aktif, lebih berani bahwa produk ini bisa diverifikasi sendiri oleh mereka," tambah dia.

Dari segi harga, perbedaan oli palsu dan asli pun berbeda jauh. Jadi paling mudah dilihat dari faktor ini. Tapi hal ini tidak bisa menjadi patokan begitu saja, paling aman membeli oli melalui bengkel terpercaya atau rekanan seperti Federal Oil Center, bagi merek Federal.



Simak Video "Catat! Denda Nggak Bawa SIM dan Tak Punya SIM Berbeda"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)