Boleh Dicoba Nih! Tips agar Motor Matik Irit Bensin

Yudistira Imandiar - detikOto
Kamis, 13 Jan 2022 10:36 WIB
Dua pebalap Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales berkesempatan menjajal line up terbaru motor Yamaha Indonesia. Rossi menjajal All New Nmax.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Selain dipengaruhi kinerja mesin dan teknologi pendukungnya, efisiensi bahan bakar skuter matik (skutik) juga bergantung pada pola berkendara. Jika dikendarai dengan tepat, skutik bisa lebih hemat bahan bakar.

Efisiensi bahan bakar terbaik tak melulu dicapai dengan melajukan motor dalam kecepatan rendah. Sebab, dengan teknik berkendara yang tepat, kamu bisa mendapatkan kecepatan optimal tanpa menguras bensin di tangki.

Ada beberapa prinsip yang dapat kamu terapkan untuk mengendarai skutik agar hemat BBM. Pertama, buka tuas throttle (gas) secara perlahan, atau bahasa populernya 'diurut'. Dengan melakukan cara ini, motor mendapatkan percepatan secara konstan mengikuti kenaikan putaran mesin. Bensin pun tersalurkan secara efisien sehingga konsumsinya lebih hemat.

Kedua, gunakan BBM dengan kadar oktan sesuai ketentuan pabrik. Hal ini penting, karena bensin dengan kadar oktan lebih rendah dari rekomendasi tak bisa terbakar sempurna di ruang bakar mesin. Alhasil, mesin membutuhkan lebih banyak volume bensin untuk melakukan pembakaran. Bensin berkualitas lebih rendah dari rekomendasi pabrik juga membuat mesin rentan bermasalah.

Ketiga, pastikan tekanan angin ban sesuai standar. Sebab, jika tekanan ban angin kurang, maka luas tapak ban yang menempel ke permukaan jalan semakin besar sehingga menghambat putaran roda. Hal ini akan membuat mesin bekerja ekstra untuk melajukan motor, yang berdampak pada meningkatnya konsumsi BBM.

Keempat, selalu jaga kondisi mesin dalam kondisi optimal. Jika komponen-komponen mesin seperti filter udara, throttle body, atau fuel injector tak terawat hingga kotoran menumpuk, maka proses pembakaran di mesin tidak dapat berjalan dengan baik. Kondisi ini menuntut debit BBM yang lebih banyak untuk menjalankan pembakaran di mesin sehingga efisiensi bahan bakar bakal menurun.

Selain empat hal di atas, faktor kualitas mesin juga mempengaruhi output tenaga dan efisiensi bahan bakar skutik. Semakin baik kualitas mesin, maka tenaga yang bisa didapatkan akan semakin besar dengan efisiensi BBM optimal.

All New Nmax 155 Connected ABS misalnya, hadir dengan mesin berkapasitas 155 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 15 HP dengan torsi 13,9 Nm. Mesin generasi terbaru ini dilengkapi teknologi Blue Core. Teknologi ini membuat mesin bekerja dengan efisien berkat penyempurnaan komponen mesin serta sistem pendinginan optimal untuk menjaga performa mesin selalu dalam kondisi terbaik.

Selain itu, terdapat teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang membuat tenaga mesin terus mengisi dari putaran bawah sampai atas. Teknologi VVA merupakan mekanisme variasi bukaan klep yang diperoleh dari kinerja dua camshaft dengan profil berbeda untuk putaran rendah dan tinggi. Pada All New Yamaha NMax 155, VVA akan bekerja saat mesin mencapai 6000 RPM, yakni dengan mengaktifkan camshaft profil high agar bukaan klep menjadi lebih tinggi dan lebih lama, sehingga diperoleh tenaga yang mumpuni.

Adanya teknologi VVA membuat All New Nmax 155 Connected ABS tangguh untuk berakselerasi melibas tanjakan-tanjakan terjal. Sebab, mesin mampu menyuplai torsi dan tenaga optimal untuk mendapatkan momentum saat menanjak.

Keseimbangan tenaga mesin dan efisiensi bahan bakar pada All New NMax 155 VVA juga ditunjang desain baru air cleaner box yang besar, desain new cylinder head dengan katup intake yang besar, serta desain ruang bakar (combustion chamber) yang compact dan menggunakan piston YZF-R15.

Menariknya, All New NMax 155 Connected ABS juga dibekali fitur keselamatan lengkap seperti Traction Control System (TCS) yang mencegah ban selip saat motor berakselerasi di permukaan jalan yang licin, serta Dual Channel ABS yang mencegah kedua roda terkunci saat pengendara melakukan hard braking atu pengereman mendadak.



Simak Video "Keren! Yamaha Luncurkan Nmax Edisi Spiderman"
[Gambas:Video 20detik]
(akd/rgr)