Cara Merawat Motor yang Habis Ditinggal Liburan Tahun Baru

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 03 Jan 2022 07:40 WIB
Perawatan motor bisa dilakukan di rumah
Ilustrasi perawatan motor. Foto: Wahana Honda
Jakarta -

Liburan tahun baru telah usai. Bagi kamu yang meninggalkan sepeda motor di rumah selama liburan, jangan lupa untuk melakukan perawatan saat ingin digunakan kembali untuk beraktivitas. Berikut adalah tipsnya seperti dijelaskan Yamaha Bali:

1. Panaskan Mesin Motor

Jangan lupa memanaskan mesin motor ketika ingin digunakan kembali. Memanaskan mesin akan memicu pelumas untuk melapisi semua bagian komponen mesin di setiap sela dan sisi. Jika dibiarkan mati terus-menerus, pelumas atau olinya itu akan mengendap. Pemanasan ini tak perlu lama-lama. Di pagi hari selama kurang lebih 3 hingga 5 menit saja.

2. Cek Bagian Rantai

Bagi pemilik motor bebek atau motor sport, jangan lupa cek bagian rantai motor. Sebab bagian ini sangat mudah karatan apalagi jika motor jarang digunakan. Jika rantai motor terlihat kering, segera lapisi dengan pelumas, supaya korosi pada rantai bisa dicegah.

3. Kuras Tangki Bahan Bakar Jika Diperlukan

Saat kamu akan menggunakan motor matic setelah sekian lama didiamkan, yang perlu dilakukan adalah menguras tangki bahan bakar. Hal ini dilakukan agar endapan bensin basi yang ada di dalam tangki bisa dicegah dan dihindarkan. Akan sangat bahaya jika keadaan ini terjadi. Fuel pump pada tangki motor kamu kemungkinan besar akan mengalami kerusakan. Akhirnya, kerja mesin menjadi menurun dan performa motor pun ikutan menurun.

Selain melakukan tiga tips tersebut, kamu juga bisa melakukan perawatan lain yang juga penting, yakni mencuci seluruh bodi dan mesin motor. Motor yang ditinggal lama terparkir di dalam rumah biasanya akan berdebu. Proses pencucian akan menghilangkan debu dan kotoran di motor, sehingga membuat motor lebih nyaman ketika ingin digunakan kembali.

(lua/rgr)