Mengenal Cara Kerja Motor 2 Tak, Ini Alasan Mengapa Knalpotnya Ngebul

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 07 Jan 2022 19:57 WIB
Suzuki Satria RU 120 2002 yang dijual oleh Indigo Auto
Motor 2 tak Suzuki Satria. Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar/20detik
Jakarta -

Motor 2 tak sudah tidak diproduksi lagi karena terlalu berpolusi. Salah satu ciri khas motor 2 tak adalah memiliki knalpot yang ngebul, mengeluarkan asap putih. Beda dengan motor-motor 4 tak injeksi, yang tanpa mengeluarkan asap. Seperti apa ya cara kerja mesin motor 2 tak?

Sebagai informasi, mesin motor bekerja dengan beberapa proses, yakni ada proses langkah hisap atau intake, kompresi, combustion, hingga pembuangan (exhaust). Mesin 2 tak dan mesin 4 tak memiliki mekanisme yang berbeda untuk melakukan semua proses itu.

Pada mesin 2 tak, untuk melakukan keempat proses tersebut, hanya membutuhkan dua gerakan piston untuk menghasilkan tenaga. Sementara di mesin 4 tak butuh empat kali gerakan piston untuk menghasilkan tenaga.

Perbedaan cara kerja membuat komponen mesin 2 tak lebih ringkas. Dikutip dari laman Suzuki, mesin 2 tak tidak membutuhkan klep in, maupun klep out, serta noken as.

Selain itu, motor 2 tak juga butuh dua jenis oli, yakni oli mesin dan oli samping. Oli samping digunakan sebagai pelumas bagi komponen mesin seperti ring piston, kruk as, piston, serta bearing kruk as.

Alasan Motor 2 Tak Ngebul

Dikarenakan butuh pelumas, maka knalpot mesin 2 tak jadi lebih ngebul atau banyak mengeluarkan asap karena oli samping ikut terbakar di ruang mesin dan dikeluarkan melalui knalpot. Sementara mesin 4 tak cenderung tidak mengeluarkan asap, kalau iya berarti mesin motornya bermasalah karena ada oli yang masuk ke ruang bakar.

Oiya, soal performa, mengingat motor 2 tak hany memerlukan dua langkah dalam setiap proses pembakaran, maka motor 2 tak jauh lebih bertenaga dari motor 4 tak dengan kapasitas mesin yang sama.

Misalnya motor 2 tak Kawasaki Ninja 150 SS, dengan mesin 150 cc memiliki tenaga maksimum 22,1 KW (30,1 PS)/10.500 rpm dan torsi maksimum 21,6 Nm/9.000 rpm. Bandingkan dengan motor 4 tak Yamaha Vixion, yang punya mesin 155 cc dengan output tenaga maksimum 14,2 kW/10.000 rpm dan torsi puncak 14,7 Nm/8.500 rpm.

(lua/lth)