Charger Baterai Handphone di Motor, Lakukan Ini Agar Aki Tidak Soak

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Jumat, 31 Des 2021 09:24 WIB
charger 67W Xiaomi 11T
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Saat ini motor keluaran terbaru rata-rata sudah mengusung fitur bernama power charger, fitur yang memberikan kemudahan bagi pengendara untuk mengisi baterai handphone saat mengendarai motor. Hmm, aman untuk aki motor tidak nih?

Power charger sendiri letaknya beragam, namun pada umumnya berada di bagasi depan atau di bawah jok motor. Cara menggunakannya juga mudah, hanya perlu mencolok kabel charger ke soket lalu baterai handphone kamu bisa terisi.

Sebagai catatan, arus listrik untuk mengisi handphone ini didapatkan dari aki yang terpasang di motor. Namun, ada sejumlah rumor yang beredar jika mengisi daya handphone terlalu sering membuat aki bisa tekor hingga soak.

Dikutip dari laman resmi Suzuki, ada beberapa tips untuk mengisi baterai handphone di sepeda motor. Cara ini dilakukan agar aki tidak cepat habis atau soal, sehingga kamu tetap aman dan nyaman selama berkendara.

1. Isi Baterai Handphone di Motor saat Keadaan Mendesak

Mengisi baterai di motor sebaiknya dilakukan jika dalam keadaan mendesak saja. Ada baiknya kamu juga mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menggunakan power charger di motor, sehingga tidak dilakukan terlalu sering dan menghabiskan aki.

Soalnya, terlalu sering menggunakan fitur ini dapat mempercepat aki tekor hingga soak. Faktor ini disebabkan karena konsumsi daya yang terlalu sering menyebabkan konsumsi listriknya juga besar.

Kabel Data, Kabel USB, Kabel ChargerKabel Data, Kabel USB, Kabel Charger Foto: Photo by Jeroen den Otter on Unsplash

2. Hindari Charger Handphone Saat Motor dalam Kondisi Mati

Selain itu, jangan pernah mengisi baterai handphone ketika kondisi motor dalam kondisi mati. Hal ini dapat mempercepat aki menjadi soak karena konsumsi yang terlalu tinggi.

Dengan begitu, ada baiknya kamu mengisi baterai saat motor dalam keadaan hidup atau tengah dikendarai. Sumber energi lain ketika motor menyala dapat diperoleh dari aktivitas bahan bakar motor, hal ini tentu bisa mengurangi daya konsumsi aki yang berlebih ketika mengisi baterai handphone.

3. Jangan Main Handphone saat Baterai Tengah Diisi

Satu hal penting yang wajib kamu ingat adalah jangan sering menggunakan handphone ketika tengah dicas. Selain mengganggu konsentrasi dan dapat membahayakan pengendara, konsumsi daya handphone ketika dicas atau charger bisa lebih besar dan menyebabkan aliran listrik dari aki cepat habis.



Simak Video "4 Hal yang Sering Jadi Biang Keladi Arus Listrik Mobil Tak Stabil!"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)