9 Langkah Merawat Motor Skutik di Rumah Selama PPKM Darurat

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 14 Jul 2021 19:36 WIB
Cara merawat motor skutik selama masa PPKM Darurat
Foto: Dok. Scooter VIP. Cara merawat motor skutik selama masa PPKM Darurat.
Jakarta -

Saat ini masih berlangsung Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa - Bali hingga tanggal 20 Juli 2021. Kebijakan tersebut untuk menekan penyebaran virus Corona (COVID-19) yang saat ini kasus hariannya sudah tembus 40.000.

Dengan berlakunya PPKM Darurat ini, maka mobilitas kita makin dibatasi, artinya kita akan lebih sering menghabiskan waktu di rumah tentunya. Namun dengan adanya pembatasan ini jangan lupa untuk tetap menjaga selalu kondisi skuter matik (skutik) seperti Vespa agar tetap fit dan nyaman saat ingin digunakan kembali dalam keadaan penting.

Perawatan motor skuter modern Vespa Matic maupun Piaggio sebenarnya memerlukan perawatan yang jauh lebih mudah dilakukan, saat kita berada di rumah.

Seperti dijelaskan Kepala Bengkel Scooter VIP Surabaya, M. Fatchur Rohman, dalam keterangan resminya, Rabu (14/7/2021), ada 9 tips perawatan yang bisa dilakukan pemilik Vespa Matic atau Piaggio saat sedang berada di rumah saja. Apa saja langkah perawatan tersebut?

1. Membersihkan seluruh bodi skuter sebelum disimpan

2. Sarungkan skuter atau joknya untuk menghindari debu

3. Pastikan bahan bakar cukup guna memanaskan mesin skuter

4. Dongkrak roda depan agar tidak menyentuh lantai seperti roda belakang saat di-standard tengah

5. Nyalakan mesin skuter setiap hari antara 10-15 menit

6. Jika memiliki charger portable otomatis maka akan lebih praktis dan bisa dipasang pada aki skuter, namun jika tidak, bisa mencopot kabel positif pada aki dengan obeng plus agar mudah jika ingin digunakan kembali

7. Kontrol tekanan angin ban depan dan ban belakang sebelum dikendarai untuk kebutuhan mendadak

8. Mengecek kondisi oli mesin atau oli gardan melalui dipstick. Melalui dipstick ini maka pemilik kendaraan bisa mengecek kualitas dan volume oli dari luar mesin

9. Jika skuter Vespa Matik mempunyai radiator, maka mengecek radiator adalah melalui cairan radiator masih sesuai dengan standar atau tidak.

(lua/din)