5 Cara Menghilangkan Lecet di Body Motor, Gampang Tak Perlu ke Bengkel

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 12 Jul 2021 22:05 WIB
Ilustrasi cuci motor
Ilustrasi perawatan sepeda motor (Instagram @detailworkmotospa)
Jakarta -

Setiap pemilik sepeda motor pasti menginginkan body motor yang halus tanpa ada lecet, apalagi jika motor tersebut baru dibeli. Namun, baret atau lecet bisa saja datang kapan saja tanpa kita sadari.

Memang, jika ada body motor yang lecet tidak akan mempengaruhi performa mesin motor kamu saat di jalan. Tapi, akan kurang sedap dipandang jika terlihat baret halus hingga cukup besar di body motor.

Namun jangan panik, kamu bisa melakukan sejumlah cara mudah ini agar body motor kembali mulus. Dikutip dari laman Astramotor, berikut sejumlah tips menghilangkan lecet pada bagian body motor kesayanganmu.

1. Membersihkan Bodi Motor dari Kotoran

Cara pertama yang harus kamu lakukan untuk menghilangkan lecet pada body motor adalah dengan membersihkannya terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan air dan sabun khusus kendaraan dalam mencuci motor kamu.

Setelah bersih dari kotoran, jangan lupa body motor juga dikeringkan menggunakan kain lap berbahan halus. Memang lecet masih akan terlihat dengan jelas, namun setidaknya penampilan motor kamu akan lebih cantik.

2. Gunakan Scratch Remover

Scratch remover merupakan suatu cairan yang bisa menyamarkan lecet atau baret pada body motor. Bentuknya yang seperti lem ini sangat praktis saat digunakan.

Caranya, kamu hanya perlu mengoleskan sedikit cairan secara langsung pada bagian yang lecet. Tapi perlu diingat, lecetnya harus yang dangkal. Agar lecet tampak memudar kamu bisa menggunakan kain microfiber dan lap secara perlahan sampai hilang.

3. Melakukan Pengamplasan

Amplas juga bisa menghilangkan lecet yang terjadi pada body motor kamu. Namun yang perlu diperhatikan, gunakanlah amplas dengan tekstur yang lembut, setelah itu amplas body motor yang mengalami lecet ringan.

Lakukan pengamplasan secara perlahan hingga lecet lebih merata dari sebelumnya. Tapi kamu harus melakukan secara hati-hati, karena bisa saja amplas menyebabkan lecet di bagian body motor yang lain.

Perlu diingat juga saat pengamplasan harus dilakukan pada body motor yang keadaannya sudah basah tersiram air, selain itu amplas juga harus direndam ke dalam air terlebih dahulu.

4. Gunakan Kompon

Apabila body motor masih terlihat lecet dan sulit dihilangkan, kamu bisa menggunakan kompon pada bagian lecet yang sebelumnya sudah diamplas. Kompon sendiri memiliki tekstur seperti cairan atau krim.

Untuk mengolesnya, kamu bisa menggunakan dengan kain yang halus. Setelah itu gosok kain dengan perlahan sampai lecet tidak terlihat lagi dan body motor terlihat lebih kinclong.

5. Pakai Pasta Gigi

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan lecet di body motor adalah dengan pasta gigi. Sebelum menggunakannya, sebaiknya bersihkan dulu body yang lecet dengan air. Baru setelah itu oleskan pasta gigi secukupnya pada bagian yang lecet dan gosok perlahan dengan sikat yang halus.

Setelah disikat, bilas dengan air dan ulangi cara tersebut selama beberapa kali. Hal ini dilakukan agar lecet pada body motor cepat memudar.



Simak Video "5 Cara Merawat CVT Motor Matic Agar Awet"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)