Jangan Tunggu Menyebar, Begini Cara Bersihkan Karat Motor

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 30 Jun 2021 20:04 WIB
Sebanyak 250 knalpot brong dimusnahkan oleh Satlantas Polres Boyolali. Ratusan knalpot itu dimusnahkan dengan cara digergaji menggunakan gerinda.
Ilsutrasi knalpot Foto: Ragil Ajiyanto/Detikcom
Jakarta -

Sebagai pemilik kendaraan tentunya kamu wajib melakukan perawatan secara rutin, untuk memastikan jangan sampai ada komponen yang rusak agar bisa berkendara dengan nyaman dan aman. Meski demikian rupanya masih ada saja bagian yang tak lepas dari sistem korosi alias karat pada kendaraan kesayangan kita.

Adanya karat pada motor dirasa wajar seiring pemakaian, namun jika karat dibiarkan akan merusak besi pada bodi motor dan bisa menyebar ke bagian besi yang lain. Nah untuk itu ada tips sederhana untuk bisa mengurangi karat pada kendaraan detikers nih, seperti dilansir dari laman Astra Motor, ada sejumlah tips mudah dalam membersihkan karat yang menempel.

1. Menghilangkan Karat dengan Oli Bekas

Jika kamu masih menyimpan oli bekas di rumah, hal ini bisa digunakan sebagai pembersih karat pada bodi motor lho. Caranya juga mudah, kamu hanya perlu mengoleskan oli tersebut secara merata di bagian motor yang berkarat seperti pada leher knalpot.

Setelah diolesi secara merata, nyalakan mesin motor dan biarkan panas selama satu hingga dua menit. Panas ini akan membantu oli meluruhkan karat pada motor.

Komponen motor rawan kena karat saat hujanIlustrasi Komponen motor rawan kena karat saat hujan Foto: Luthfi Anshori

2. Menggunakan Pembersih Keramik

Selain oli bekas, pembersih keramik cukup ampuh untuk membersihkan karat pada sepeda motor. Kamu nggak perlu repot-repot membersihkannya, cukup oleskan pembersih keramik pada bagian motor yang sudah berkarat, diamkan beberapa saat dan gosoklah dengan sikat hingga karat hilang.

Namun perlu diperhatikan, pembersih keramik memiliki dampak kurang baik untuk blok mesin. Ada baiknya untuk hindari mengoleskannya di area tersebut.

3. Menggunakan Stempet

Cara lain untuk membersihkan karat pada sepeda motor bisa menggunakan stempet atau gemuk. Gemuk sendiri merupakan cairan yang teksturnya sangat kental bahkan seperti gel yang licin.

Karena memiliki sifat yang lengket menyebabkan gemuk bisa bertahan lebih lama pada bagian yang dilumasi ketimbang menggunakan oli. Alhasil gemuk bisa digunakan untuk mencegah karat pada bagian body motor, selain itu pada rangka motor yang catnya sudah rusak juga bisa dilapiskan dengan gemuk atau stempet.

4. Menggunakan Pasta Gigi

Ternyata kamu bisa membersihkan karat pada bagian body motor dengan menggunakan pasta gigi yang ada di rumah. Caranya mudah, kamu bisa mengoleskan pasta gigi pada bagian motor yang berkarat. Setelah itu tunggu hingga beberapa menit dan gosok perlahan menggunakan kain lap.

Sebagai pengingat, cara ini memang tidak instan. Jadi kamu perlu membersihkannya hingga beberapa kali agar karat benar-benar hilang.



Simak Video "5 Cara Merawat CVT Motor Matic Agar Awet"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)