Isi Bensin di SPBU Self Service, Ini Cara Amannya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 28 Jun 2021 17:49 WIB
Pengendara sepeda motor mengisi bahan bakar minyak sendiri di Stasiun Pengisian Bahanbakar Umum (SPBU Pertamina) 34-101-02 yang berada di Jalan Hasyim Ashari, Jakarta Pusat, Jumat (3/8). Terhitung sejak 20 Juli, SPBU ini menerapkan pengisian bahan bakar self service untuk para pengendara sepeda motor. File/detikFoto.
Isi BBM self service. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Di beberapa SPBU telah tersedia layanan self service. Pengendara bisa mengisi bahan bakar minyak (BBM) sendiri tanpa dilakukan oleh operator.

Pengisian BBM di layanan self service sendiri tidak terlalu sulit. Berdasarkan pengalaman kami mengisi BBM menggunakan layanan self service untuk sepeda motor, pertama kali yang dilakukan adalah memberi tahu kepada petugas ingin mengisi BBM seberapa banyak. Kemudian, petugas akan menginput data dan pemilik kendaraan tinggal membayar BBM sesuai nominal yang diinginkan.

Anda akan mendapatkan struk tanda pembayaran. Di struk tersebut tertera barcode yang harus ditempel di mesin pompa bahan bakar.

Bawa kendaraan ke dispenser yang dituju, dirikan standar motor, dan buka tutup bensin. Scan barcode, jika mesin pompa sudah menunjukkan tanda hijau, maka BBM siap disalurkan ke tangki kendaraan. Kemudian angkat nozzle BBM yang telah ditentukan dan tuangkan BBM ke dalam tangki BBM kendaraan Anda.

Praktisi keselamatan berkendara yang juga Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, menambahkan ada beberapa tips aman untuk mengisi BBM di SPBU self service terutama untuk sepeda motor.

"Saat mengisi di self service kan semua mesin motor dimatikan dan distandarin, ketika membayar pastikan kunci tidak ditinggal di motor," kata Sony kepada detikcom, Senin (28/6/2021).

Sony melanjutkan, ketika mengisi bahan bakar, pastikan ujung nozzle BBM dalam posisi masuk ke tangki. Hal ini perlu dilakukan agar BBM yang diisi tidak tercecer.

"Jaga jarak dengan motor 40cm atau sepanjang tangan saat posisi mengisi, perhatikan tangki agar tidak luber dan perhatikan juga kondisi aman di sekeliling," sebutnya.

Setelah bahan bakar terisi sesuai takaran pembelian, nozzle akan berhenti secara otomatis. Jika sudah berhenti, kamu bisa mengangkat nozzle dari mulut tangki BBM dan pastikan tidak ada sisa BBM yang menetes, letakkan kembali selang pengisian BBM ke posisi semula.



Simak Video "Cuma Rp 350 Jutaan, Mobil Listrik Ini Siap Ganggu Tesla"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)