Tips Belajar Naik Skutik, Pelajari Karakter Motor

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 04 Jun 2021 16:15 WIB
Yahama FreeGo
Tips mengendarai motor skutik Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Sepeda motor skutik kini menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia. Namun, motor ini punya karakter berbeda dari motor bebek dan sport.

Kemudahan yang ditawarkan motor skutik adalah tak perlu menggerakkan kaki kiri buat ganti gigi atau tekan tuas di setang kiri untuk kopling. Di sisi lain, posisi kaki juga lebih rileks.

Yamaha Riding Academy (YRA) Main Dealer PT. Thamrin Brothers area Sumatera Selatan dan Bengkulu memberikan tips panduan mengendarai motor matik, khususnya bagi yang baru belajar.

"Sepeda motor salah satu kendaraan yang bermanfaat untuk melakukan aktivitas harian maupun hobi. Bagi yang ingin belajar mengendarainya, kami memberikan beberapa poin sebagai panduan. Semoga dapat membantu untuk berkendara lebih menyenangkan," papar Wiranata P.Ilahi, Manager Promosi Main Dealer PT Thamrin Brothers. dalam keterangan resmi yang diterima detikcom, Jumat (4/6/2021).

Berikut tips mendasar mengendarai motor skutik:

1. Kenali fungsi perangkat motor

1. Tuas rem depan di posisi kanan dan tuas rem belakang di posisi kiri.

2. Side stand switch OFF, untuk menghidupkan sepeda motor side stand harus ditekuk / release.

3. Tarik tuas rem untuk menghidupkan motor.

2. Kenali karakter motor

1. Gas secara perlahan ketika akan berjalan dan rasakan gerakan di roda (motor matik pertama akan jalan agak lambat karena dirancang mulai berjalan di rpm tertentu).

2. Kenali karakter engine brake nya dikarenakan akan lebih kecil dari motor bebek dan sport.

3. Lakukan pengereman secara halus agar lebih aman dan tenaga motor tidak mudah drop.

4. Gunakan kedua rem secara bersamaan agar dapat mengurangi kecepatan secara maksimal terutama saat melewati jalan menurun.

5. Jaga putaran mesin terutama saat akan mendahului dan melewati jalan menanjak / tanjakan agar lebih mudah melewatinya.



Simak Video "Skutik Yamaha Gear Diluncurkan, Begini Wajah dan Spesifikasinya"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)