Biar Nggak Cepat Botak, Begini Cara Rawat Ban Motor

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 03 Jun 2021 08:52 WIB
kemabngan ban
Ban motor. Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta -

Ban merupakan komponen yang penting pada setiap kendaraan. Jangan sampai Anda lupa untuk melakukan perawatan secara rutin, karena usia ban menjadi pendek dan lebih cepat rusak jika tidak diperhatikan.

Salah satu kendala yang dihadapi setiap pemilik kendaraan adalah ban jadi cepat botak. Seiring pemakaian ban tentu akan mengalami hal tersebut, namun jika tidak dirawat dengan tepat maka ban makin cepat botak.

Apabila dibiarkan begitu saja hal ini sangat berbahaya dan berisiko menimbulkan kecelakaan. Maka dari itu perlu dilakukan pengecekan dan merawat ban secara rutin. Dikutip dari laman Astra Motor, berikut sejumlah tips agar ban tetap awet.

1. Gunakan Ban yang Sesuai Standar Motor

Untuk Anda yang senang melakukan modifikasi motor, perlu diperhatikan juga mengenai ban. Usahakan tetap menggunakan ban dan velg sesuai ukuran motor, baik ban luar maupun dalam yang sudah dianjurkan dari pabrikan.

Soalnya penggunaan ban yang tidak sesuai dengan standar motor akan menimbulkan kerusakan. Secara tidak langsung hal ini dapat merusak sejumlah peranti lainnya, tentunya hal ini juga berbahaya.

2. Perhatikan Beban Motor

Perhatikan juga beban yang dibawa saat berkendara dengan sepeda motor. Usahakan tidak melebihi batas beban maksimal. Soalnya ban makin cepat rusak seperti botak, ada retakan halus bahkan bisa pecah jika sering membawa beban lebih berat.

Untuk mengantisipasi kerusakan itu, Anda bisa rutin mengecek ban motor setiap 10.000 km dan membawanya ke bengkel resmi terdekat.

3. Rutin Mengecek Komponen Ban

Selain itu ada sejumlah hal yang perlu Anda cek secara rutin pada ban motor. Seperti pentil ban, jangan sampai mengalami kebocoran yang menyebabkan ban jadi kekurangan angin terus-menerus.

Cek juga tekanan udara pada ban, jangan sampai ban Anda kekurangan ataupun kelebihan angin. Ban harus dalam tekanan yang pas agar berkendara jadi lebih optimal.

Jika saat berkendara Anda merasakan goyangan yang tidak wajar, segera menepi sejenak dan cek kondisi ban motor. Adanya goyangan tersebut bisa jadi disebabkan ban yang sudah rusak ataupun bocor.

4. Bersihkan Ban Secara Rutin

Setelah rutin melakukan perawatan pada ban, jangan lupa untuk rajin membersihkannya ya. Sangat disarankan untuk membersihkan ban dari sejumlah kotoran seperti pasir atau kerikil.

Karena kotoran tersebut bisa menyebabkan ban jadi cepat aus, mudah bocor hingga pecah. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan sikat terlebih dahulu, setelah itu baru dibilas dengan air dan sabun.

5. Hindari Parkir Motor di Bawah Terik Matahari

Kebiasaan yang satu ini perlu jadi perhatian setiap pemilik kendaraan roda dua, karena banyak yang tidak sadar memarkirkan kendaraan di bawah terik matahari membuat ban motor jadi cepat rusak.

Saat motor terparkir di bawah terik matahari, tekanan angin pada ban akan meningkat karena proses pemuaian udara yang terkena panas. Sehingga dalam jangka waktu yang lama ban motor jadi cepat retak halus hingga botak.



Simak Video "Gaya-gayaan Angkat Ban Motor di Depan Pos Polisi, 6 Pelajar Diamankan!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)