Cuci Motor Listrik Ternyata Tak Bisa Sembarangan, Begini Cara yang Benar

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Rabu, 02 Jun 2021 09:13 WIB
Motor listrik United T1800.
Bagaimana cara paling tepat mencuci motor listrik (CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta -

Tren penggunaan motor listrik sebagai kendaraan harian mulai marak di kota-kota besar di Indonesia. Pastinya ketika motor listrik digunakan untuk harian, perawatannya pun harus lebih sering. Bagaimana cara mencuci motor listrik yang benar?

After Sales United Electric menjelaskan, sejatinya mencuci motor listrik sama saja dengan mencuci motor skutik atau motor bahan bakar pada umumnya. Namun ada bagian-bagian yang perlu diperhatikan agar air tidak merusak komponen kelistrikan dari motor listriknya.

Hal yang perlu diperhatikan pertama adalah pastikan bagian cover atau penutup baterai, jok, dan soket charger sudah tertutup rapat. Lalu biasanya motor listrik memiliki MCB sebagai alat proteksi korsleting listrik, menurut After Sales United Electric, bagian MCB ini tidak boleh terkena air.

Beberapa motor listrik seperti United T1800, memiliki fitur speaker yang bisa dihubungkan dengan bluetooth. Menurut After Sales United Electric, sebaiknya tidak menyiram air secara langsung ke arah speaker ini.

Menurut mereka hal yang juga tidak kalah fatal adalah hub motor listrik. United T1800 menggunakan hub motor listrik yang 'pasaran' dipakai di motor listrik entry level lain yang banyak beredar di Indonesia.

"Hub motor Bosch tidak boleh terendam banjir lebih dari setengah ban. Namun tetap boleh dicuci seperti biasa," tulis After Sales United Electric.

Selain itu, menurut mereka yang sebaiknya hindari menggunakan air dengan tekanan yang tinggi dan membiarkan motor listrik dicuci tanpa pengawasan pemilik.

"Kami sudah mencoba mencuci di tempat cuci steam, hasilnya aman. Namun kami tetap tidak menyarankan jika dicuci tanpa pengawasan pemilik motor," tulis After Sales United.

Untuk urusan sabun atau kimia yang digunakan, pihak After Sales United Electric menyarankan untuk pemilik kendaraan listrik menggunakan sampo yang dikhususkan untuk mencuci kendaraan.



Simak Video "Motor Listrik Mengaspal di Kota Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)