Begini Proses Perakitan Motor MotoGP

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 15 Apr 2021 04:07 WIB
Repsol Honda resmi meluncurkan motor barunya untuk MotoGP 2021. Dua pebalapnya Marc Marquez dan Pol Espargaro hadir dalam peluncuran tersebut.
Motor MotoGP milik tim Repsol Honda. Foto: Istimewa/Repsol Honda Team
Jakarta -

MotoGP merupakan olahraga balap motor terpopuler di dunia. Maka tak heran jika banyak sisi menarik yang bisa diulas dari MotoGP. Contohnya seperti proses merakit prototipe motor MotoGP dari komponen yang tercerai berai, menjadi motor balap yang utuh.

Dikutip dari laman Box Repsol, seorang mekanik perlu pengetahuan khusus agar bisa merakit motor MotoGP. Tetapi mereka diuntungkan karena ada beberapa bagian yang sudah siap untuk dirakit. Mesin, sistem pengereman, dan bahkan beberapa kabel biasanya sudah siap untuk dirakit dengan komponen lainnya.

Lebih jelasnya, berikut langkah-langkah merakit motor MotoGP:

1. Menyambungkan Rangka dan Lengan Ayun

Komponen pertama yang harus disatukan adalah rangka dan lengan ayun. Jika kedua bagian itu sudah menyatu, pemasangan berikut adalah kaliper rem belakang, pijakan kaki, tuas pemindah gigi, rem belakang, termasuk rantai dan suspensi.

2. Merakit Bagian Depan

Langkah selanjutnya adalah memasukkan bagian depan motor ke dalam rangka, seperti komponen suspensi USD, setang kemudi, tuas rem, tuas kopling, tangki, tombol pengontrol ECU, dasbor, dan steering damper, juga mudguard.

3. Memasang Kabel dan Jok

Dua bagian penting yang selanjutnya dipasang adalah kabel dan jok. Kabel bodi dihubungkan ke ECU untuk mengatur berbagai fitur elektronik di motor MotoGP. Pemasangan kabel dilakukan secara presisi karena rawan rusak jika menyentuh bagian yang panas, seperti knalpot atau mesin.

Bagian yang selanjutnya dipasang adalah jok. Jok ini terbuat dari serat karbon dan hanya dipasang dengan 6 buah sekrup baut.

4. Pemasangan Mesin

Proses selanjutnya adalah pemasangan mesin. Pemasangan mesin motor MotoGP cukup rumit dilakukan karena ruang yang terbatas.

5. Bagian-bagian Lain yang Dipasang

Sentuhan terakhir adalah memasang beberapa komponen kecil, seperti filter udara, ban depan dan ban belakang, rem cakram, serta rantai.

Terakhir, bagian yang dipasang adalah windshield, fairing, serta mengisi semua cairan di motor seperti cairan pendingin, pelumas, dan bahan bakar. Setelah ini selesai, motor pun siap digeber di lintasan.



Simak Video "Raih Pole Position di MotoGp Andalusia, Quartararo 'Asapi' Bintang Yamaha"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)