Lampu Motor Mati Mendadak, Perhatikan 5 Hal Ini

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 29 Mar 2021 11:47 WIB
Motor dengan lampu bercahaya
Lampu motor kamu mati? Ketahui penyebabnya (Youtube/AV Mod)
Jakarta -

Lebih dari sekadar penerang, lampu motor punya arti penting buat pengendara motor. Kalau salah satu lampu motor kamu mati, sebaiknya cek hal-hal berikut ini.

Buat pengendara sepeda motor di Indonesia, lampu utama wajib selalu dinyalakan. Selain lampu utama tersebut, ada juga lampu belakang, yang sekaligus menjadi lampu rem, serta empat buah lampu sein.

Terkadang ditemukan juga sejumlah pengendara sepeda motor yang sering mengalami lampu motor mati. Tentunya hal ini sangat berbahaya bagi pengendara sendiri maupun untuk pengguna jalan yang lain.

Untuk itu, jika lampu pada motor Anda sudah mulai mendadak mati dan bahkan tidak berfungsi, sebaiknya segera perbaiki ke bengkel terdekat. Mengutip laman Astra Motor, ada sejumlah penyebab lampu motor sering mati.

1. Relay yang Bermasalah

Komponen relay pada motor memiliki fungsi yang mirip dengan saklar listrik. Gunanya untuk mengalirkan daya listrik dari sumbernya ke bagian motor yang membutuhkan aliran listrik, salah satunya kepada lampu.

Jika lampu motor mendadak mati kemungkinan besar terdapat masalah pada bagian relaynya. Anda bisa mengecek terlebih dahulu peranti ini dan membersihkannya, soalnya lampu motor sering mengalami masalah karena relay yang kotor dan berkarat.

Aksesori Lampu Motor Yamaha NmaxIlustrasi lampu belakang motor Foto: Istimewa

2. Aki Motor Soak

Faktor lain yang menyebabkan lampu motor mati bisa disebabkan oleh kondisi aki yang bermasalah. Soalnya aki adalah sumber yang menyuplai daya listrik untuk seluruh komponen pada motor.

Jika aki motor sudah soak, jelas hal ini akan mempengaruhi aliran listrik untuk lampu motor Anda. Maka dari itu pastikan untuk selalu mengecek kondisi aki motor, jika sudah mulai bermasalah segera ganti yang baru.

3. Soket Lampu Motor Mulai Longgar

Unsur ketiga yang menyebabkan lampu motor mendadak mati adalah soket pada lampu yang longgar atau copot. Jika hal ini terjadi, cara memperbaikinya cukup dengan menyambungkan kembali soket ke tempat semula.

Pastikan Anda memasang soket lampu dengan tepat dan kuat. Karena soket yang terbuat dari bahan plastik cenderung lebih mudah longgar sehingga dapat terlepas kapan saja.

4. Masalah pada Kabel Motor

Penyebab lain ketika lampu motor mati adalah masalah yang terdapat pada jaringan kabel. Bagi Anda yang sering melakukan modifikasi pada motornya, pastikan untuk mengecek kembali komponen kelistrikan yang terpasang di motor.

Hal ini disebabkan banyak pemilik kendaraan yang lupa memasang kembali peranti kabel pada motornya. Sebaiknya selalu cek kembali kabel yang belum terpasang dan pastikan tidak ada yang putus.

5. Cek Kondisi Bohlam Lampu Motor

Bohlam lampu juga bisa menjadi pemicu sistem penerangan pada motor tidak menyala. Jika ditemukan bohlam lampu mulai rusak akibat usia pemakaian, Anda bisa menggantinya dengan yang baru.



Simak Video "Aksi Pencurian Motor di Gang Sempit Terekam CCTV"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)