Kenali 3 Penyebab Mesin Motor Mati Mendadak

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 22 Mar 2021 12:46 WIB
Sejumlah tukang bengkel keliling memperbaiki motor warga yang mati akibat menerobos banjir di kawasan Jalan Kapuk Raya, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (20/2). Jasa servis motor tersebut berkisar pada harga Rp. 25.000-Rp.100.000 tergantung tingkat kerusakan dan jasa bongkar mesin. Biasanya kebanyakan motor banjir rusak di busi dan karbu
Motor mogok banyak penyebabnya. Apa saja? Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Pernahkah saat Anda berkendara dengan sepeda motor lalu tiba-tiba mesin motor mendadak mati? Hal ini tentunya membuat khawatir, apalagi jika tidak ada bengkel motor di sekitar.

Namun jangan panik, ada beberapa faktor yang menyebabkan mesin motor mendadak mati. Apabila sering mengalami masalah ini berkali-kali, sebaiknya Anda bisa mengecek terlebih dahulu sebelum berkendara.

Dikutip dari Planet Ban, berikut ini sejumlah masalah yang menyebabkan mesin motor mendadak mati saat di jalan.

1. Bahan Bakar

Jika motor kesayangan Anda sering melakukan perawatan secara berkala dan kondisi mesin masih prima, bisa jadi faktor utama motor mendadak mati karena bahan bakar yang Anda gunakan.

Jenis bahan bakar yang digunakan sangat mempengaruhi proses pembakaran motor Anda. Penggunaan oktan yang rendah akan menimbulkan jumlah timbal yang lepas dapat menyumbat klep dan motor mendadak mati. Dengan menggunakan bahan bakar oktan yang tinggi, hal ini akan menjaga kualitas mesin motor lebih oke serta mencegah mesin mati mendadak.

Faktor lainnya bisa juga disebabkan karena terdapat penyumbatan pada saluran bahan bakar bensin yang masuk ke karburator. Hal itu disebabkan adanya kotoran di bagian selang mesin yang menuju karburator, alhasil bensin tidak mengalir dengan normal.

Perhatikan juga komponen filter udara, jika kondisinya sudah kotor akan menyebabkan tarikan gas motor menjadi berat bahkan mendadak mati atau mogok di tengah jalan.

2. Overheat Mesin

Penyebab kedua karena mesin sudah panas atau disebut juga overheat. Faktor ini diakibatkan sirkulasi oli di dalam mesin tersumbat, nantinya ring piston menjadi kering sehingga motor akan mendadak mati.

Overheat ini muncul dari sistem pembakaran atau dari gesekan yang terjadi antara piston dan liner boring. Pelumas tidak mampu meredam suhu panas yang cepat naik, alhasil piston jadi memuai dan macet pada liner boring.

Oli mesin dapat berkurang karena ring piston yang lemah, ini yang menyebabkan motor sering mengeluarkan asap karena oli ikut terbakar. Bila didiamkan saja, oli akan terus berkurang sehingga saat mengendarai motor dalam suhu panas mengakibatkan motor mati mendadak.

3. Pengapian

Faktor lainnya yang menyebabkan mesin motor mendadak mati adalah komponen pengapian. Sistem pengapian pada motor terdiri dari spul, kiprok, CDI dan ignition coil. Sementara spul dan kiprok merupakan komponen utama untuk menyalurkan aliran listrik pada sistem kelistrikan motor.

Nah jika arus listrik mengalami masalah, maka api dari busi tidak bisa menyala dan pembakaran tidak akan terjadi. Apabila pembakaran tidak terjadi maka motor tidak bisa dihidupkan.



Simak Video "Perjalanan Istimewa ke Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)