Heboh Pemotor Ditendang Paspampres, Begini Etika Sunmori

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Minggu, 28 Feb 2021 09:15 WIB
Bikers menerobos Ring 1 dan ditendang anggota Paspampres.
Bikers menerobos Ring 1 dan ditendang anggota Paspampres. Foto: Screenshot video viral.
Jakarta -

Viral di media sosial rombongan pemotor diberhentikan dan dilumpuhkan oleh Paspampres saat melintasi Jl Veteran III, Jakarta Pusat. Diketahui, rombongan pemotor itu sedang melakukan aktivitas Sunmori atau Sunday morning ride, aktivitas berkendara komunitas sepeda motor di Minggu pagi.

Rombongan pemotor tersebut dihentikan karena menerobos jalan yang ditutup dan tengah dilakukan instalasi pengamanan VVIP.

"Anggota Paspampres yang sedang melaksanakan tugas pengamanan instalasi di kantor Wapres terpaksa melumpuhkan pengendara motor/komunitas motor yang sedang melaksanakan Sunday morning riding (sunmori) karena memaksa menerobos Jalan Veteran III yang ditutup oleh pembatas jalan (cones)," kata Komandan Pasukan Pengamanan Presiden Mayjen TNI Agus Subiyanto saat dimintai konfirmasi, Jumat (26/2/2021).

Diketahui, Jalan Veteran III merupakan kawasan Ring 1, yang bersebelahan dengan kantor Wakil Presiden RI. Peristiwa itu terjadi pada Minggu (21/2) pagi. Saat itu sedang dilakukan instalasi pengamanan VVIP sehingga, saat ada orang yang menerobos jalanan yang ditutup, telah masuk kegiatan yang mengancam.

Praktisi keselamatan berkendara yang juga Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, sunmori atau apa pun namanya itu adalah aktivitas berkendara yang bisa dilakukan sendiri atau berkelompok.. Secara prinsip, aktivitas ini harus mengasyikkan dengan tetap mengacu kepada keamanan dan keselamatan.

"Beberapa tips sunmori yang beretika agar aman antara lain, menggunakan peralatan keselamatan yang memadai untuk melindungi tubuh dan mengantisipasi risiko cedera akibat kecelakaan," kata Sony kepada detikcom, Minggu (28/2/2021).

Menurut Sony, Etika sunmori selanjutnya adalah menentukan arah tujuan dan jalurnya. Sebab, pasti akan ada rest point untuk sarapan atau sekadar melepas lelah.

Dia juga menuturkan, selama melakukan sunmori etikanya adalah sopan selama di jalan. Hal itu agar tidak mengganggu dan simpatik jika dilihat orang lain sehingga tidak memancing emosi.

"Tidak overspeed dan sesuaikan kecepatan kendaraan dengan aturan dan akal sehat. Karena saat pagi hari banyak orang yang beraktivitas olahraga," ucap Sony.

Dia menyebut, banyak pemotor yang salah dalam melakukan aktivitas sunmori. Mereka kadang memanfaatkan jalan raya untuk kebut-kebutan.

"Memanfaatkan jalan raya untuk kebut-kebutan itu nggak bijak, sekalipun alasannya kosong dan sepi tetap saja itu fasilitas bersama, bukan tempatnya untuk ngebut, egois dan showoff. Jadi mau Sunmori atau apa pun namanya, lakukan semuanya dengan mematuhi aturan lalu lintas," kata dia.

Menurutnya, esensi dari sunmori adalah santai dan menikmati perjalanan. Rasakan suasana yang minim polusi udara untuk merefresh kesehatan. Buat regulasinya apabila berkelompok, tentukan road captain agar teratur dan terjaga.

"Hindari sunmori berkelompok dengan pihak lain apabila mereka berprilaku agresif," tutup Sony.



Simak Video "Paspampres Bicara Kronologi Pemoge Terobos Ring 1 dan Aturan yang Berlaku"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lua)